Selamat Datang Bulan Pembersihan Ruhani


1 Ramadhan 1436 H  bertepatan dengan 18 Juni 2015 (Hasil Sidang Isbath Kementerian Agama RI Tahun 2015) 
Dalam banyak kajian sufistik, pilar-pilar agama yang terkonsep dalam kesatuan rukun Islam, dipandang sebagai sarana pensucian yang sempurna. Rukun Islam yang pertama, Syahadat, untuk mensucikan akidah manusia; membersihkan akidah manusia dari kemusyrikan; membersihkan segala kekotoran pengabdian karena penghambaan yang salah kaprah, dengan menafikan segala bentuk pengabdian kepada selain Allah. Rukun Islam yang kedua, Shalat, mensucikan jiwa manusia, dengan selalu mengingat Allah. “Tegakkanlah shalat untuk mengingat-Ku” (QS. 20: 14). Kesucian jiwa dalam shalat mengantarkan pada kesucian perbuatan. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar” (QS. 29:45).

Rukun Islam yang ketiga, Puasa, mensucikan ruhani manusia dengan mengendalikan hawa nafsu dan menundukannya pada perintah Allah. Rukun Islam yang keempat, Zakat, membersihkan harta dengan mengeluarkan bagian yang menjadi hak orang lain. Rukun Islam yang kelima, Haji, mensucikan seluruh rangkaian perjalanan kehidupan manusia dengan mengarahkannya hanya kepada Allah SWT semata. Ritual tawaf dalam haji misalnya, sarat dengan makna-makna simbolik pergerakan kehidupan manusia yang tidak boleh keluar dari lingkaran yang berintikan penghambaan kepada Allah saja.

Kawan-kawanku semua, maafkan, saya adalah orang yang masih jauh dari konsep-konsep seperti di atas. Saya adalah orang yang masih BERUSAHA BELAJAR BERJALAN menuju pengejawantahan konsep-konsep itu. Meski perjalanan saya masih tertatih-tatih, yang sangat saya syukuri adalah, bahwa di depan sana telah terlihat cahaya yang begitu terang benderang, menerangi. Menyinari kehidupan!. Dan itulah yang aku yakini sebagai Islam. Aku ingin hidup di dalamnya. Dan ketika kematian adalah etape peralihan menuju kehidupan yang hakiki, aku merindukan kematian di dalam naungan cahaya itu. Bantulah aku kawan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

0 Response to "Selamat Datang Bulan Pembersihan Ruhani"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.