Aplikasi SIAP Karawang Terapkan 3 Lapis Verifikasi Absensi Pegawai

Ingin Masuk Aplikasi SIAP? Klik tautan ini: Masuk Aplikasi SIAP Karawang

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang meluncurkan sebuah Aplikasi Absensi Online yang bisa diakses melalui Smartphone. Aplikasi ini diberi nama SIAP (Sistem Informasi Absensi Pegawai). Salah satu sumber di BKPSDM menyatakan, aplikasi SIAP dirancang untuk mengganti absensi fingerprint.

Baca juga: Informasi Terbaru Seputar Aplikasi SIAP Karawang

Aplikasi SIAP hadir untuk menyempurnakan sisi lemah absensi fingerprit. Ketika data hasil absensi fingerprint bisa diedit, hadir aplikasi SIAP untuk menutup peluang itu, karena aplikasi SIAP menggunakan verifikasi berlapis tiga (triple verification) yaitu:

  1. GPS (Global Positioning System)
  2. Selfi (Self Identification), dan
  3. Verifikasi atasan langsung

Tampilan Login Page Aplikasi SIAK jika dibuka di desktop maupun laptop.
"Rencana, aplikasi SIAP akan diimplementasikan mulai bulan Maret 2019 ini", kata Kepala Sub Bidang Kesejahteraan dan Disiplin ASN BKPSDM Karawang, YAN ERROS DWIARNO, SH.,MH., sebagaimana dikutip dalam situs resmi badan yang memiliki tugas pokok dan fungsi di bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia itu. Diinformasikan pula bahwa, Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang, Asep Aang Rahmatullah, S.STP.,MP. akan memberikan reward kepada pegawai yang rajin menggunakan aplikasi absensi SIAP. Bentuk reward yang akan diberikan belum dijelaskan secara terperinci, namun yang jelas penggunaan aplikasi SIAK menjadi bagian tak terpisahkan dalam rangkaian pengukuran kinerja pegawai.

Untuk masuk (login) ke aplikasi SIAP, sementara ini tidak harus Instal aplikasi, karena SIAP berbasis Web yang bisa diakses langsung dengan membuka halaman login (atau login page) SIAP melalui tautan ini: Masuk Aplikasi SIAK Karawang (akses internet dibutuhkan). Setelah terbuka, tinggal menginput beberapa data yang diminta, lalu pilih tombol LOGIN. Khusus bagi pengguna baru, sebelum bisa login, harus registrasi akun terlebih dahulu melalui tombol "Daftar disini!" yang ada di login page bagian bawah, seperti yang dilingkari dalam gambar berikut:
Tampilan Login Page Aplikasi SIAK Karawang jika dibuka di Smartphone

Semoga aplikasi SIAP, siap dilaksanakan dengan baik, dan membawa manfaat yang lebih besar lagi dalam meningkatkan kinerja pegawai. Aamiin Ya Rabbal'alamin.

0 Response to "Aplikasi SIAP Karawang Terapkan 3 Lapis Verifikasi Absensi Pegawai"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.