Rokok dan Perubahan Radikal di Kereta Api


Saya masih sempat merasakan suasana perjalanan di Kereta Api jarak jauh yang benar-benar tidak nyaman. Penumpang yang bertumpuk-tumpuk penuh sesak, antara yang dapat tempat duduk dengan yang tidak, seluruhnya tumpah ruah memenuhi ruang sumpek di sepanjang gerbong Kereta Api. Dalam kondisi yang padat seperti itu, sering kali asap rokok dihembuskan dengan bebas oleh para perokok yang tidak peduli dengan keadaan sekitar. Kala itu, menumpang Kereta Api seperti menjalani rangkaian siksaan di gerbong-gerbong yang kumuh, bau dan kotor. Keadaannya sedikit lebih baik jika kita memilih Kelas Bisnis dan/atau Eksekutif.

Di era manajemn baru pengelolaan Kereta Api, terhitung sejak tahun 2012 hingga kini, kondisi buruk di atas berubah total 180 derajat. Tata kelola Kereta Api benar-benar berubah secara radikal, dalam arti yang positif, berubah drastis tanpa menyisakan sedikitpun warisan-warisan situasi lama yang menjengkelkan. Salah satu dari sekian banyak perubahan mendasar di Kereta Api adalah ketegasan Manajemen Kereta Api melarang keras aktivitas merokok di Kereta Api, baik itu di gerbong, di bordes, bahkan di toilet sekalipun, dengan hukuman yang tegas bagi siapapun yang melanggar larangan tersebut, tanpa kecuali.

Baca juga: Di Balik Rontoknya Sejumlah Pabrik Rokok

Hukuman yang diterapkan bagi yang kedapatan merokok di Kereta Api adalah diturunkan di stasiun terdekat, dan ini benar-benar terbukti diterapkan, tanpa basa-basi. Sungguh luar biasa komitmen Manajemen PT Kereta Api Indonesia untuk menciptakan Kereta Api yang benar-benar bersih dari asap rokok. Komitmen, disiplin, dan ketegasan pihak manajemen PT Kereta Api Indonesia dalam menerapkan aturan larangan merokok di Kereta Api sudah pasti didasarkan terutama pada kesadaran akan bahaya rokok, bukan saja bagi perokok itu sendiri tapi lebih-lebih lagi bagi yang bukan perokok tetapi terpapar asap rokok dari para perokok, alias perokok pasif, yang notabene mereka beresiko lebih besar mengalami dampak negatif dari barang yang mengandung ribuan racun itu.

Sejumlah media memberitakan beberapa kejadian yang menimpa para perokok yang diturunkan dari Kereta Api karena merokok di dalam kereta. Berikut beberapa screenshot berita yang saya kutip.

Merokok di Kereta Api, Oknum TNI Diturunkan Paksa di Stasiun

Satu Keluarga di Turunkan, Penumpang Diingatkan Jangan Merokok di Kereta Api


Penumpang Kereta Api Deli Diturunkan Karena Merokok Merokok di Kereta

Merokok di Kereta, 10 Penumpang Diturunkan

Ingin mendengar seperti apa peringatan larangan merokok di Kereta Api, serta beberapa pengumuman penting lainnya? Yuk, simak audio singkat berikut yang saya rekam dari Smartphone saya saat menikmati perjalanan Kereta Api HARINA jurusan Surabaya-Bandung baru-baru ini: (Klik simbol Play untuk mendengarkan)

0 Response to "Rokok dan Perubahan Radikal di Kereta Api"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.