Resmi, Masuk Saudi Tak Ada Lagi Syarat Tunjukan Status Vaksinasi Covid-19, Ternyata Ini Alasannya

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr. Tawfiq Al-Rabiah (Sumber: البیان)

Secara resmi Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengakhiri kebutuhan akan sejumlah persyaratan perjalanan yang sebelumnya sempat diberlakukan sebagai prosedur proteksi penyebaran Covid-19 pada siapapun yang akan memasuki wilayah Kerajaan (Arab Saudi).

Saat ini, siapa saja yang masuk ke negara Arab Saudi sudah tidak ada lagi persyaratan harus menunjukan bukti vaksinasi  Covid-19. Selain itu, tidak dibutuhkan lagi persyaratan tes PCR sebelum keberangkatan ke Kerajaan dan bahkan tidak ada lagi persyaratan karantina institusional saat tibabdi Saudi.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan kebijakan di atas pada Senin 21 Maret 2022. Untuk diketahui, keputusan di atas diambil karena dua pertimbangan utama. Pertama, data jumlah kasus positif Covid-19 di Arab Saudi menurun sangat signifikan. Kondisi eksisting positivity rate kasus Covid-19 saat ini di Arab Saudi kurang dari empat persen.

Kedua, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kerajaan (Arab Saudi) telah mencapai 99 persen. Semua sasaran yang dikategorikan kelompok rentan telah divaksinasi seluruhnya. Keadaan ini sangat diyakini oleh pemerintah Saudi memberikan tingkat kekebalan kelompok (herd immunity) yang adekuat, khususnya bagi penduduk Kerajaan.

Pertanyaan yang sering diajukan oleh publik adalah, apakah warga negara non Saudi yang akan melakukan perjalanan ke Kerajaan (Arab Saudi) tidak perlu vaksinasi Covid-19 di negara asal, dengan alasan Saudi tidak mempersyaratkan itu lagi?

Tentu saja jawabannya adalah, selama target vaksinasi Covid-19 di suatu negara belum tercapai, maka vaksinasi Covid-19 akan tetap menjadi sebuah kewajiban yang harus ditunaikan di negara itu, terlepas dari apakah warga negara yang menjadi sasaran vaksinasi itu akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi atau tidak. 

Keputusan Saudi yang tidak memberlakukan lagi syarat harus menunjukan status vaksinasi Covid-19 bagi warga non Saudi yang masuk ke Kerajaan, tidak bisa serta merta diartikan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak penting lagi.

Keputusan Saudi itu justru menunjukan bahwa vaksinasi Covid-19 sangat penting dipenuhi di suatu negara hingga seluruh sasaran vaksinasi di negara itu mendapatkannya, agar kemudian kekebalan kelompok yang adekuat di negara itu bisa terwujud sebagaimana yang telah diikhtiarkan sungguh-sungguh di Arab Saudi selama ini.

Post a Comment for "Resmi, Masuk Saudi Tak Ada Lagi Syarat Tunjukan Status Vaksinasi Covid-19, Ternyata Ini Alasannya"