7 Langkah Mudah Melihat Data Peserta Karawang Sehat

Untuk melihat apakah seseorang masuk dalam kepesertaan Karawang Sehat atau tidak, dapat dilakukan dengan membuka Aplikasi Karawang Sehat. Tutorial kali ini mengambil contoh, seseorang yang bernama Nurlaela, tinggal di Dusun Waluya, Desa Waluya, Kecamatan Kutawaluya, akan dilihat apakah dia termasuk peserta Karawang Sehat atau bukan. Untuk tujuan tersebut, Aplikasi Karawang Sehat bisa digunakan dengan 7 langkah mudah berikut ini.

Langkah pertama, pastikan komputer yang digunakan sudah terhubung ke internet dengan signal yang memadai. Ini dibutuhkan karena Database Karawang Sehat berbasis Web. Perlu diketahui pula, Aplikasi Karawang Sehat bisa diakses melalui Smartphone, terutama yang berplatform Android.

Langkah kedua, silahkan masuk ke Aplikasi Karawang Sehat melalui alamat Web: www.karawangsehat.org Jika berhasil masuk, maka tampilan yang terlihat seharusnya seperti Gambar 1 berikut:
Gambar 1. Tampilan awal Aplikasi Karawang Sehat

Langkah ketiga, masukan User Name dan Password di kolom yang tersedia, lalu tekan ENTER atau klik tombol LOGIN yang terletak di bawah kolom Password. Jika berhasil, tampilan yang muncul seperti Gambar 2 di bawah ini:
Gambar 2. Tampilan Aplikasi Karawang Sehat setelah berhasil Login.

Langkah keempat, pilih atau klik tulisan “Viewer Data” yang terdapat pada sidebar kiri seperti yang ditunjuk anah panah warna biru dalam Gambar 3 berikut:
Gambar 3. Menu Viewer Data pada Sidebar kiri Aplikasi Karawang Sehat.

Jika langkah di atas dilakukan dengan benar, maka pada sidebar tersebut akan muncul tulisan “Kepesertaan” dan “Tdk digunakan” seperti yang ditunjuk anak panah warna biru pada Gambar 4 berikut ini:
Gambar 4. Submenu Kepesertaan dalam Aplikasi Karawang Sehat.

Langkah kelima, pilih atau klik tulisan “Kepesertaan” pada sidebar kiri tersebut. Jika langkah ini benar, maka akan muncul tampilan seperti Gambar 5a di bawah ini:
Gambar 5a. Kolom kosong untuk  input data peserta Karawang Sehat.

Problem kadang terjadi pada langkah kelima di atas, dengan munculnya tampilan eror seperti Gambar 5b berikut:
Gambar 5b. Tampilan eror yang kadang-kadang muncul.
Jika menghadapi problem seperti di atas, langsung saja ambil jurus ampuh untuk menyelesaikannya, dengan satu trik mudah, yakni  cukup klik satu kali pada Submenu "Tdk digunakan" yang terletak di bawah Submenu "Kepesertaan" seperti ditunjukan anak panah biru dalam Gambar 5c berikut:
Gambar 5c. Posisi Submenu "Tdk digunakan".
Setelah Submenu "Tdk digunakan" diklik, maka akan muncul tampilan yang benar, persis seperti pada Gambar 4 sebelumnya. Selanjutnya, ulangi kembali langkah kelima dengan melakukan klik pada Submenu "Kepesertaan", dan kemudian teruskan dengan langkah keenam berikut ini.
 
Langkah keenam, inputkan Nama Peserta, Alamat, Desa pada masing-masing kolom yang sesuai, seperti contoh dalam Gambar 6 di bawah ini:
Gambar 6. Kolom input data yang telah diisi.

Perhatikan bahwa minimal ada 3 kolom yang harus diisi, yaitu:
  1. Kolom Nama, dalam tutorial ini menginputkan nama Nurlaela sebagai contoh
  2. Kolom Alamat (cukup nama Dusun yang ditulis, tanpa diawali kata "dusun"), dalam contoh kali ini menginputkan nama dusun Waluya
  3. Kolom Desa (cukup inputkan nama Desa tanpa diawali dengan kata “desa”), dalam tutorial ini menginputkan nama desa Waluya.
Setelah kolom yang sesuai diisi, langsung tekan ENTER, atau klik gambar teropong di atas tulisan “Cari” yang ada di sebelah atas kolom nama Desa. Jika langkah ini dilakukan dengan benar, maka akan muncul tampilan seperti Gambar 7 berikut:
Gambar 7. Tampilan awal data peserta Karawang Sehat. Perhatikan bahwa semua nama yang mengandung kata "nurlaela" akan ditampilkan.

Langkah ketujuh, pilih atau klik pada nomor peserta untuk melihat detail data seperti pada Gambar 8 berikut:
Gambar 8.  Nomor Peserta jika di klik akan menampilkan rincian data peserta yang dipilih.

Jika langkah ini berhasil, tampilan yang muncul adalah seperti Gambar 9 di bawah ini:
Gambar 9. Tampilan rincian data peserta Karawang Sehat.

Dari beberapa tampilan di atas, terlihat jelas kepastian kepesertaan seseorang, dalam contoh ini Nurlaela misalnya, apakah sebagai peserta Jamkesmas atau sebagai Peserta Jamkesda. Jika ingin mencetak tampilan data tersebut di atas, silahkan tekan tombol “kontrol P” pada keyboard komputer, lalu sesuaikan seperlunya jenis printer maupun kertas yang digunakan, kemudian tekan tombol Print.

Cara lain untuk mencetak tampilan detail data seperti Gambar 9 di atas adalah, dalam posisi detail data sedang terbuka, tekan tombol “Print Screen” di keyboard komputer, buka program Microsoft Word atau Microsoft Powerpoint, lalu Paste di halaman tersebut. Selanjutnya cetak sesuai keperluan.

Catatan Penting:
Jika ingin keluar dari Aplikasi Karawang Sehat, pastikan selalu menekan tombol “Logout” pada aplikasi (lihat tanda panah warna biru) sebagaimana terlihat dalam Gambar 10 berikut:
Gambar 10. Posisi Tombol Logout Aplikasi Karawang Sehat.
Untuk lebih memperjelas uraian di atas, silahkan simak video tutorial berikut ini:

0 Response to "7 Langkah Mudah Melihat Data Peserta Karawang Sehat"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.