Cara Mudah Mengetahui Ketersediaan Berbagai Jenis Ruang Perawatan di Rumah Sakit


Informasi ketersediaan berbagai jenis ruang perawatan di rumah sakit dapat diketahui antara lain melalui sebuah aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, yang diberi nama Aplicares. Melalui aplikasi Aplicares ini, paling tidak ada sekitar 14 jenis ruang perawatan di rumah sakit yang bisa diketahui ketersediaannya secara real time oleh masyarakat. Empat belas jenis ruang perawatan dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Ruang VVIP (Very Very Important Person)
  2. Ruang VIP (Very Important Person)
  3. Ruang Utama
  4. Ruang Kelas 1
  5. Ruang Kelas 2
  6. Ruang Kelas 3
  7. Ruang UGD (Unit Gawat darurat)
  8. Ruang ICU (Intensive Care Unit)
  9. Ruang ICCU (Intensive Cardiology Care Unit)
  10. Ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit)
  11. Ruang PICU (Pediatric Intensive Care Unit)
  12. Ruang HCU (High Care Unit)
  13. Ruang Isolasi
  14. Ruang Bersalin
Aplikasi Aplicares sebenarnya tidak hanya menyediakan informasi ketersediaan berbagai jenis ruang perawatan di rumah sakit. Lebih dari itu, informasi berbagai jenis fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) di berbagai propinsi dan kabupaten di Indonesia tersedia dalam aplikasi tersebut. Tentu saja fasyankes yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Setidaknya ada sekitar 7 (tujuh) jenis fasyankes yang datanya bisa diketahui lebih lanjut melaui aplikasi Aplicares ini, yaitu:
  1. Rumah Sakit
  2. Puskesmas
  3. Dokter Praktek Perorangan
  4. Dokter Gigi
  5. Klinik Utama
  6. Klinik Pratama, dan
  7. Apotek
Kali ini, secara khusus kita batasi tutorialnya pada cara mengetahui ketersediaan berbagai jenis ruang perawatan di rumah sakit, di tiap propinsi dan/atau kabupaten/kota.

Langkah pertama, buka halaman pencarian dalam aplikasi Aplicares dengan cara klik tautan ini: Halaman Pencarian Data Faskes. Tampilan halaman yang bakal terbuka akan disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Jika menggunakan komputer desktop maupun Laptop, tampilan halaman pencarian data faskes adalah seperti Gambar 1a berikut ini.
Gambar 1a. Tampilan halaman pencarian data faskes di komputer desktop maupun Laptop.
Jika menggunakan Smartphone, halaman pencarian data faskes akan terlihat seperti Gambar 1b berikut ini.
Gambar 1b. Halaman pencarian data faskes di Smartphone.
Perhatikan bahwa terdapat 3 (tiga) kolom utama  dalam tampilan halaman pencarian data faskes di atas, yakni kolom NAMA PROVINSI, kolom NAMA DATI 2, dan kolom pilihan jenis faskes.

Langkah kedua, input atau masukan data pada ketiga kolom tersebut di atas sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Input data cukup dilakukan dengan memilih atau mengeklik tanda segitiga kecil di pojok kanan tiap kolom. Dalam tutorial ini dicontohkan pencarian data ketersediaan berbagai jenis ruang perawatan di rumah sakit yang ada di Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat, sehingga input data pada ketiga kolom di atas adalah seperti Gambar 2a berikut ini (tampilan desktop/laptop).
Gambar 2a. Input data pada ketiga kolom yang tersedia sesuai kriteria yang diinginkan. Jika menggunakan Smartphone, tampilan akan menyesuaikan.

Dalam tampilan Smartphone akan terlihat seperti Gambar 2b berikut ini.
Gambar 2b. Tampilan input data melalui Smartphone.
Langkah ketiga, setelah ketiga kolom terinput data sesuai kriteria yang diinginkan, lakukan klik satu kali pada tombol cari faskes (tombol berwarna hijau) yang terletak di samping atau di bawah kolom input data. Sehubungan dalam tutorial ini mengambil contoh faskes yang ada di Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat, maka tampilan hasil pencarian setelah tombol cari faskes dipilih atau diklik, terlihat seperti Gambar 3 berikut ini.
Gambar 3. Hasil pencarian ketersediaan berbagai jenis ruang perawatan rumah sakit di wilayah Kabupaten Karawang.
Perhatikan Tombol Aksi (tombol berwarna hijau) yang terletak di kolom terakhir pada Gambar 3 di atas. Klik tombol Aksi tersebut jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang rumah sakit, baik visualisasi ketersediaan setiap jenis ruang perawatan, maupun info-info detail lainnya. Sebagai contoh, dalam tutorial ini, ketika tombol Aksi pada Rumah Sakit Izza diklik satu kali, beberapa saat kemudian tampil halaman seperti Gambar 4 berikut ini.
Gambar 4. Tampilan info detail ketersediaan ruang perawatan rumah sakit setelah tombol Aksi dipilih atau diklik.
Tampilan seperti pada Gambar 4 di atas, penuh dengan link atau tautan yang jika dipilih atau diklik akan menampilkan informasi yang lebih rinci lagi tentang ketersediaan ruang perawatan. Sebagai ilustrasi, jika tombol DETAIL TEMPAT TIDUR TERSEDIA UNTUK RUANG RAWAT KELAS III dipilih atau diklik, maka akan tampil halaman seperti Gambar 5 berikut ini.
Gambar 5. Tampilan informasi detail ketersediaan ruang perawatan rumah sakit.
Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Aplicares bisa dieksplorasi lebih lanjut secara mandiri untuk mengetahui berbagai informasi berharga yang disediakan dalam aplikasi tersebut untuk kepentingan pelayanan yang lebih baik.

Demikian sekilas tutorial cara mudah mengetahui ketersediaan berbagai jenis ruang perawatan rumah sakit di berbagai wilayah propinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Ketersediaan Berbagai Jenis Ruang Perawatan di Rumah Sakit"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.