Kartu Pintar Haji Menangkan Penghargaan Layanan Unggulan Makkah

Kartu Pintar Haji terintegrasi dengan pusat layanan data Saudi dan bisa diakses oleh jamaah melalui Smartphone. (Sumber: Arab News)

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memenangkan Makkah Award of Excellence dalam bidang layanan Haji dan Umrah atas upaya kreatifnya selama pandemi Covid-19 dalam menerapkan langkah-langkah inovatif memperkenalkan sistem teknologi informasi yang praktis yang bertujuan memfasilitasi prosedur bagi jamaah yang terintegrasi dalam Kartu Pintar Haji (بطاقة الحج الذكية) atau Hajj Smart Card.

Dr. Abdul Fattah bin Sulaiman Mashat, Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan kepada Arab News: “Kartu Pintar Haji tersebut terkait dengan semua layanan yang disediakan untuk para jemaah, antara lain seperti akses kemah Arafah maupun Mina, ​​sarana transportasi, hotel, pembayaran melalui ATM atau counter yang disediakan , juga  sebagai pemandu jamaah yang tersesat serta mengidentifikasi area-area padat jamaah atau kerumunan"

Kartu Pintar Haji adalah kartu terenkripsi dan kartu terstandar yang disediakan untuk jamaah, berisi banyak layanan dan informasi, dan terhubung ke aplikasi Smartphone.

Kartu ini mengandalkan teknologi Near Field Comunication (NFC) atau teknologi komunikasi medan dekat, yang membuat kartu dapat dibaca melalui perangkat swalayan (kios) yang didistribusikan ke seluruh tempat suci.  Barcode memberikan informasi yang relevan tentang jamaah, menyimpan semua informasi pribadi, medis dan tempat tinggal mereka.

Kartu Pintar Haji memberikan akses ke berbagai fasilitas atau layanan, ​​berisi kode QR untuk mengunduh aplikasi di Smartphone, memandu jamaah ke tempat tinggal mereka di Makkah, Madinah dan sejumlah tempat penting lainnya di Tanah Suci, dan membantu mengurangi haji ilegal.

Makkah Award of Excellence telah diberikan selama 12 tahun terakhir oleh pemerintah Saudi untuk mengapresiasi berbagai inovasi atau upaya luar biasa dalam bidang ilmiah, praktis, dan intelektual dalam meningkatkan kualitas dan bobot kinerja serta mempromosikan kehadiran negara (Arab Saudi) secara Internasional.

Kartu Pintar Haji akan kembali diterapkan dalam penyelenggaraan haji tahun ini, bagi seluruh jamaah tentu saja.

Post a Comment for "Kartu Pintar Haji Menangkan Penghargaan Layanan Unggulan Makkah"