Custom Search

Telaga Desa, Hutan Kota Berkonsep Taman Pendidikan

Telaga Desa adalah nama sebuah area konservasi seluas lebih kurang 4 hektar yang berada di dalam salah satu kawasan industri terbesar di Kota "Pangkal Perjuangan" Karawang bernama KIIC (Karawang International Industrial City). Area konservasi Telaga Desa dikembangkan pertama kali pada tahun 2007 sebagai sebuah program kemitraan PT. Maligi Permata Industrial Estate (MPIE), sebuah perusahaan yang mengoperasikan kawasan industri di Jawa Barat, dan Southeast Asian Ministers of Education Organization for Tropical Biology.

Telaga Desa memiliki topografi yang indah, hijau, rimbun, dan sebagian wilayahnya dikelilingi sebuah telaga alam yang meneduhkan pandangan. Telaga Desa masuk dalam wilayah administrasi dua desa yang berbeda, yakni Desa Sirnabaya, dan Desa Puseurjaya yang keduanya merupakan wilayah Kecamatan Telukjambe Timur.

Keindahan sebuah telaga alam di kawasan Telaga Desa, Karawang, Jawa Barat
Sebagai area konservasi,  lebih dari tiga ribu jenis tanaman dan pohon, termasuk tanaman obat-obatan yang jumlahnya tidak kurang dari seratus jenis varietas, ada di Telaga Desa. Ribuan jenis tanaman dan pohon itu masing-masing tertata rapi serta dilengkapi dengan nama atau label berikut deskripsinya. Tak berlebihan memang kawasan ini didesain sebagai sebuah Argo-Enviro Education Park.
Bagian dari Gerbang masuk Telaga Desa, Karawang, Jawa Barat

Ya, Telaga Desa adalah sebuah taman pendidikan, khususnya bagi para pecinta lingkungan dan pertanian. Telaga Desa dengan sendirinya juga adalah bagian dari paru-paru kehidupan kota. Telaga Desa seolah sedang memperkenalkan dirinya sebagai bagian dari entitas kehidupan, kepada para pecinta kehidupan itu sendiri. Telaga Desa hadir lebih awal sebagai hutan kota, sebelum kehadiran secara resmi hutan kota milik Pemerintah Kabupaten Karawang diresmikan di lokasi yang berbeda, di seputaran Outer Ring Road Tanjung Pura, Karawang.  
Happy Day Keluarga Besar PAUD MPA Daycare, Telaga Desa, Sabtu 9 Maret 2019

Di Telaga Desa, kita tak hanya bisa memandang keindahan alam, tetapi lebih dari itu, di Telaga Desa sekaligus juga kita bisa belajar bagaimana menghadirkan keindahan alam itu. Jiwa altruisme para pengelolanya selalu siap sedia berbagi  pengetahuan untuk itu. Tanpa pamrih. Teknik budidaya ikan lele, ikan mas, juga bisa diperoleh di Telaga Desa.
Anak-anak PAUD MPA Daycare belajar bercocok tanam, Telaga Desa, Sabtu, 9 Maret 2019

Telaga Desa adalah bukti nyata perwujudan komitmen dan tanggungjawab sosial dari ratusan perusahaan korporasi yang berada di kawasan KIIC. Sebagai bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan, Telaga Desa terbuka untuk umum. Bagi yang berminat, teristimewa dari unsur organisasi atau institusi pendidikan, formal maupun non formal, pihak pengelola mempersilahkan seluas-luasnya. Cukup melayangkan permohonan tertulis kepada pihak manajemen Telaga Desa, tanpa ada kerumitan birokrasi maupun administrasi.

Di Telaga Desa, siapapun bisa datang menyaksikan segala keindahannya, menimba pengetahuan tentang pertanian dan lingkungan, termasuk memburu inspirasi pengembangan agrobisnis. Semua bisa difasilitasi di Telaga Desa. Dan kalau mau, pulang dari Telaga Desa bisa membawa bibit tanaman atau pohon yang diinginkan. (Baca juga: Indahnya Telaga Desa dan Talaga Resto Karawang)

0 Response to "Telaga Desa, Hutan Kota Berkonsep Taman Pendidikan"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.