Custom Search

Jemaah Calon Haji CIAYUMAJAKUNING Direncanakan Diberangkatkan dari Bandara Kertajati Tahun Ini

Pemerintah Propinsi Jawa Barat berencana memberangkatkan jemaah calon haji tahun ini dari Bandara Kertajati, Majalengka. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, rencananya lantai dua bandara akan direnovasi menjadi asrama haji. Sesuai perintah Gubernur, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa, sedang mematangkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik dengan Kementerian Agama RI, Bupati Majalengka, maupun pihak Direksi PT BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat).

"Nanti dari hasil koordinasi baru bisa ditentukan berapa kloter. Tapi kita harapkan seoptimal mungkin. Kita harapkan di wilayah Ciayumajakuning" ungkap Sekda.
Badara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka

Ciayumajakuning adalah akronim dari Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan. Untuk Cirebon, mencakup Cirebon Kota dan Cirebon Kabupaten. Dari segi jarak dan kemudahan akses, 5 wilayah tersebut memang relatif dekat dengan Bandara Kertajati yang sangat mudah terjangkau melalui akses Tol Cipali (Cikopo-Palimanan).

Direktur Keuangan PT BIJB Muhammad Singgih mengatakan, lantai dua bandara akan direnovasi menjadi "asrama haji sementara" untuk para jemaah, yang diperkirakan bisa dibuat 180 kamar dengan kapasitas sekitar 400 jemaah. Kapasitas jemaah sebanyak ini setara dengan satu kloter.Jika rencana ini terwujud, maka bisa dipastikan tidak ada lagi Kloter Haji Jawa Barat yang hanya numpang transit di Asrama Haji Bekasi dalam perjalanan menuju Bandara karena tidak bisa menginap akibat kapasitas ruangan yang terbatas. Jika dalam satu hari ada 5 kloter jemaah Jawa Barat yang diberangkatkan, maka yang 4 kloter bisa menginap di Asrama Haji Bekasi, dan yang 1 Kloter di "Asrama Haji Sementara" Bandara Kertajati, sebelum para jemaah diterbangkan ke Tanah Suci.

Sekda Jabar berharap penerbangan haji dari Bandara Kertajati bisa dilaksanakan tahun ini, apalagi sekarang runway bandara sudah 3 kilometer. "Jadi sudah gak ada alasan lagi", pungkasnya.

Namun demikian, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Azam Mustazam, mengatakan, pihaknya tetap dalam koridor instruksi pusat sebagai pengambil keputusan. Sebab, hal ini sangat berkaitan erat dengan koordinasi otoritas Bandara di Madinah maupun di Jedah pula.
Loading...

0 Response to "Jemaah Calon Haji CIAYUMAJAKUNING Direncanakan Diberangkatkan dari Bandara Kertajati Tahun Ini"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.