In Memoriam dr. Mochamad Saleh, Sp. OG

dr. H.  Mochamad Saleh, Sp.OG
Istri saya pernah menceritakan ulang kepada saya pengalaman yang dituturkan seorang Ibu beranak satu ketika periksa ke dr. Saleh. Setelah kehamilan pertama, sang ibu tidak pernah berpikir bisa hamil lagi karena ovarium dan tuba vallopi-nya sudah diangkat melalui operasi yang dilakukan oleh dokter obsgin di Rumah Sakit Islam Karawang itu.

Lebih kurang 2 tahun pasca operasi, ibu beranak satu itu merasa sedikit kurang nyaman dengan kandungannya, dan berpikir ini berkaitan dengan operasi yang pernah dijalani. Bergegaslah kemudian sang Ibu untuk periksa ke dokter yang juga bekerja di Rumah Sakit Dewi Sri Karawang itu, karena khawatir terjadi apa-apa dengan bekas operasi sebelumnya.

"Bagaimana Dok, apakah ada masalah dengan bekas operasi yang dulu?", tanya sang Ibu setelah pemeriksaan dilakukan.

"Masya Allah, Ibu hamil", jawab dr. Saleh singkat.

Sang Ibu seperti tidak percaya pada informasi itu. "Bagaimana mungkin saya bisa hamil Dok? Bukankan indung telur dan sekaligus saluran telur di kandungan saya sudah diangkat saat operasi dulu?"

"Ya, dari bagian-bagian yang tidak ikut diangkat, Allah menunjukan kuasa-Nya", jawab dokter alumni Universitas Indonesia itu.

Rasa bahagia dan syukur benar-benar menyelimuti hati sang Ibu.

"Tapi, mulai hari ini dan seterusnya Ibu harus kontrol setiap pekan ya", pinta dr. Saleh

Spontan sang Ibu berpikir tentang biaya. Namun tidak diutarakan, hanya membatin saja. Dalam hati, periksa sebulan sekali saja masih mikir-mikir biayanya, ini diminta periksa tiap pekan.

"Kontrol setiap pekan Dok?"

"Iya, setiap pekan, dan sampai melahirkan, Ibu tak perlu bayar apapun", jawab dr. Saleh

Masya Allah. Air mata saya meleleh mendengar istri saya menceritakan pengalaman yang dialami Ibu di atas. Benar-benar dokter yang berhati mulia. 

Selamat jalan Dokter. Tak terhitung banyaknya pasien-pasien yang Dokter pernah periksa, atau yang Dokter pernah tangani, semua bersaksi akan kebaikan, kesabaran, keramahan, sekaligus kedermawanan Dokter. Termasuk istri saya, yang pernah konsultasi langsung saat kehamilan kedua, ikut bersaksi akan kesalehan Dokter.

dr. H. Mochamad Saleh, Sp. OG. Insya Allah bahagia selamanya di Surga-Nya, Dok. Allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa'fuanhu. Aamiin Yaa Rabbal'alamin. (La Ode Ahmad)

0 Response to "In Memoriam dr. Mochamad Saleh, Sp. OG"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.