Banyak Karyawan Positif Corona, 2 Pabrik di Karawang Resmi Ditutup Sementara

Tampak sebagian kawasan KIIC (Karawang Iinternational Industrial City), Kabupaten Karawang.

PT Dai Nippon Printing (PT DNP) Indonesia resmi ditutup sementara menyusul ditemukannya kasus terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada sejumlah karyawannya. Selain PT DNP, penutupan sementara dilakukan pula pada PT Exedy Manufacturing. Kedua pabrik ini berlokasi di kawasan industri KIIC (Karawang International Industrial City).

Informasi penutupan sementara 2 pabrik di atas disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Drg. Nanik Jodjana, MKM, Rabu sore kemarin (26/08/2020) setelah melakukan peninjauan lokasi bersama unsur dari gugus tugas atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang.

"Hari ini gugus tugas menutup PT DNP selama 14 hari", tulis Kadinkes di WA Group Dinkes Struktural Rabu kemarin pukul 17:21 WIB (26/08/2020).

Saat keputusan penutupan sementara dilakukan, karyawan PT DNP Karawang yang diketahui terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 34 orang. Sementara PT Exedy Manufacturing diketahui ada 15 orang terkonfirmasi Corona, termasuk pihak keluarga karyawan. Penutupan sementara 2 pabrik ini dilakukan karena seluruh karyawan yang terkonfirmasi Covid-19 harus menjalani isolasi hingga dinyatakan sembuh, dan semua karyawan lainnya yang dikategorikan sebagai kontak erat harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari. Isolasi maupun karantina adalah bagian dari ikhtiar untuk memutus rantai penularan penyakit berbahaya itu agar tidak meluas tak terkendali.

Perlu menjadi catatan penting semua pihak, bahwa fakta semakin banyaknya masyarakat yang terinfeksi Corona ini terjadi bersamaan dengan fakta semakin banyaknya masyarakat yang tidak peduli lagi dengan protokol kesehatan, terutama dalam hal kedisiplinan menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Dan ketidakpedulian itu ternyata mahal ongkosnya; bukan saja secara ekonomi; tapi bahkan sampai ke pengorbanan banyak nyawa. Masih kurang bukti-bukti apalagi untuk benar-benar peduli dengan protokol kesehatan?

0 Response to "Banyak Karyawan Positif Corona, 2 Pabrik di Karawang Resmi Ditutup Sementara"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.