Anak-Anak Tidak Diizinkan Masuk Masjid Nabawi Selama Ramadhan Tahun Ini


Masjid Nabawi, Madinah (Sumber: Arab News)

Anak-anak berusia kurang dari 15 tahun tidak akan diizinkan masuk Masjid Nabawi dan halamannya selama Ramadhan tahun 1442 Hijriyah atau 2021 Masehi ini. Keputusan ini diambil sebagai langkah antisipatif pencegahan penyebaran COVID-19. Demikian informasi yang disampaikan oleh pihak kepresidenan umum Masjid Nabawi, seperti dikutip sejumlah media lokal maupun internasional.

Langkah antisipatif lainnya adalah mempersingkat waktu sholat Tarawih menjadi setengah, menutup masjid 30 menit setelah sholat Tarawih, dan menangguhkan itikaf, kecuali 10 hari terakhir Ramadhan.

Selain itu, mereka yang ingin berbuka puasa di Masjid Nabawi akan diberikan air dan kurma yang telah disiapkan secara khusus untuk konsumsi pribadi saja, dan tidak ada kegiatan berbagi makanan/minuman antar jemaah, termasuk pertemuan belum akan diizinkan. Mengatur dan membagikan makan sahur di halaman masjid juga tidak diperbolehkan.

Jemaah yang datang dengan memakai kendaraan diharuskan menggunakan aplikasi parkir nasional “Mawqif” untuk memudahkan pengaturan dan akses keluar masuk Masjid Nabawi.

Terkait COVID-19, Arab Saudi melaporkan 7 kasus kematian  pada hari Rabu kemarin, sehingga total korban meninggal dunia saat ini mencapai 6.676.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan 590 kasus baru, yang berarti telah tercatat sebanyak 390.597 orang tertular penyakit tersebut. Saat ini ada 5.452 kasus aktif, yang 699 diantaranya dalam kondisi kritis.

Menurut Kementerian, di antara 590 kasus baru COVID-19, 238 kasus diantaranya tercatat berada di Riyadh, 111 di Makkah, 84 di Provinsi Timur, dan 34 di Madinah.

Dilaporkan pula, sebanyak 386 pasien telah pulih dari penyakit tersebut, sehingga totalnya menjadi 378.469 pemulihan.

Sampai sejauh ini, Arab Saudi telah melakukan tes PCR sebanyak 15.184.311 kali, dimana 58.199 diantaranya dilakukan dalam 24 jam terakhir.

Post a Comment for "Anak-Anak Tidak Diizinkan Masuk Masjid Nabawi Selama Ramadhan Tahun Ini"