Ini Rahasia Membuka Aplikasi P-Care yang Bermasalah

Aplikasi Primary Care (P-Care) BPJS Kesehatan sebenarnya sudah menggunakan alamat web yang terenskripsi lebih aman di "https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id" (tanpa tanda kutip). Namun demikian, kadang-kadang ada kendala untuk mengakses P-Care dengan menggunakan alamat tersebut. Jika suatu saat mengalami kesulitan masuk (login) ke aplikasi P-Care melalui alamat di atas, sementara sudah dipastikan tidak ada masalah dengan jaringan internet, maka satu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan login tersebut adalah cukup dengan sebuah trik sederhana, yakni menghilangkan huruf “s” dalam “https” di alamat P-Care tersebut di atas, sehingga menjadi "http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id" (tanpa tanda kutip). Pastikan tidak ada huruf "s" pada "http"-nya. (Kalau perlu, silahkan diklik alamat tersebut untuk masuk ke aplikasi P-Care)

Cara menghilangkan huruf “s” pada “https” juga sangat mudah, yaitu cukup arahkan pointer mouse ke address bar browser yang digunakan, klik tepat disebelah kanan huruf “s” lalu gunakan backspace untuk menghapus huruf “s” dimaksud. Untuk jelasnya, perhatikan tampilan screenshot berikut yang memperlihatkan alamat P-Care yang menggunakan “https” (Gambar 1), maupun yang menggunakan “http” tanpa huruf “s” (Gambar 2). Pastikan menggunakan alamat seperti pada Gambar 2 untuk mengakses P-Care yang bermasalah.


Gambar 1. Perhatikan kata yang berstabilo kuning yakni "https" di address bar browser.

Gambar 2. Alamat P-Care tanpa huruf "s" pada "http". Gunakan alamat tersebut hanya jika mengalami kendala saat Login ke aplikasi P-Care melalui alamat yang berawal dengan https.
loading...
Penting untuk menjadi catatan, bahwa akses P-Care melalui alamat yang diawali dengan "http", oleh sistem akan dialihkan (redirect) secara otomatis ke "https" jika akses berenskripsi aman (secure) itu sudah normal kembali.

Akhirnya, perhatikan bahwa tips atau trik sederhana di atas hanya berlaku jika masalah kesulitan login itu semata-mata hanya karena gangguan di server P-Care BPJS Kesehatan, bukan karena masalah pada signal dan/atau kuota internet yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum menerapkan tips di atas, pastikan bahwa signal jaringan internet yang digunakan tidak dalam keadaan bermasalah, dan kuota internet yang dimiliki masih cukup untuk melakukan koneksi secara online ke sejumlah situs web yang diinginkan. (Simak juga: Cara Mudah Cek Status Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan)

0 Response to "Ini Rahasia Membuka Aplikasi P-Care yang Bermasalah"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.