Custom Search

Mengenal Prosedur LASIK Untuk Mengatasi Masalah Mata

LASIK yang merupakan singkatan dari Laser-Assisted in Situ Keratomileusis, merupakan jenis prosedur bedah yang mulai populer, yang terbukti dapat memperbaiki mata bermasalah seperti rabuh jauh, rabun dekat serta astigmatisme.

Lasik mulai banyak diminati karena prosedur ini tergolong nyaman, aman, efektif, dan cepat sembuh. Di Indonesia, LASIK pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh Jakarta Eye Center, dan hingga saat ini sudah lebih dari 30.000 prosedur LASIK yang telah dilakukan di Indonesia.

LASIK adalah salah satu hasil pengembangan teknologi bedah refraktif. Pada prinsipnya, ada 2 tahap dalam prosedur LASIK. Pertama, tahap membuat flap (semacam bukaan lapisan) kecil tipis pada kornea, dan yang kedua adalah mengoreksi kornea dengan membuang sejumlah lapisan jaringan di bawah flap dengan menggunakan laser excimer. Selanjutnya, flap kecil tipis yang dibuat pada tahap pertama ditutup kembali dan direkatkan hingga proses penyembuhan selesai.

Dalam prosedur LASIK, kornea memegang peranan penting karena faktanya sebagian besar kekuatan pembiasan pada mata terjadi di kornea. Hanya sebagian kecil yang terjadi pada lensa mata. Oleh karena itu, prinsip dasar prosedur LASIK terletak pada teknik memodifikasi bentuk kornea.
Mengatasi Permasalahan Mata dengan Prosedur LASIK 
Bagi yang mengalami rabun jauh, LASIK digunakan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam. Sementara bagi yang memiliki rabun dekat, LASIK digunakan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar. LASIK juga dapat mengoreksi kornea yang tidak teratur menjadi normal untuk menyembuhkan astigmatisme. Prosedur pelayanan LASIK di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung adalah sebagai berikut:
  1. Pasien melakukan konsultasi dengan Dokter LASIK
  2. Dokter LASIK menyetujui untuk dilakukan tindakan skrining (pemeriksaan dengan ± 8 alat)
  3. Dokter LASIK membaca hasil skrining dan menyetujui untuk dilakukan tindakan LASIK
  4. Pasien berunding untuk waktu pelaksanaan tindakan LASIK dengan Dokter LASIK
Terkait biaya untuk prosedur LASIK di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung adalah sebagai berikut:
  • Pendaftaran Rp. 157.500,- (pasien baru) atau Rp. 150.000,- (pasien lama)
  • Skrining Rp. 750.000,- 
  • Konsultasi Rp. 35.000,-
  • Laser Retina Rp. 1.100.000,-/mata
  • Tindakan LASIK, ada 3 pilihan, masing-masing dengan biaya yang berbeda: LASIK Rp. 13.250.000,- (2 mata); V-LASIK Rp. 19.250.000,- (2 mata); SMILE Rp. 26.500,- (2 mata)
  • Kontrol post LASIK satu hari, Gratis (sudah termasuk dalam biaya tindakan LASIK)
Demikian informasi tentang Mengenal Prosedur LASIK Untuk Mengatasi Masalah Pada Mata. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Prosedur LASIK Untuk Mengatasi Masalah Mata"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.