Solusi Masalah Tumit Pecah-Pecah, Jemaah Haji Bisa Gunakan Cara Ampuh Berikut Ini


Kulit tumit pecah-pecah, atau dalam istilah medis disebut heel fissures, termasuk keluhan yang dialami banyak orang, lebih-lebih jemaah haji kita. Sebagian besar kasus tumit pecah-pecah adalah masalah kosmetik saja yang tidak berbahaya. Namun demikian, pada sebagian kecil kasus, tumit pecah-pecah bisa menjadi persoalan medis yang serius, khususnya ketika kulit yang pecah-pecah tersebut sampai menembus lapisan jaringan yang lebih dalam hingga menimbulkan nyeri, berdarah dan bahkan infeksi.
Pada penderita Diabetes Mellitus atau Kencing Manis, tumit yang pecah-pecah, nyeri dan berdarah, dapat menjadi awal terjadinya gangren pada kaki jika tidak cepat ditangani.

Tumit pecah-pecah sangat mudah terjadi pada kondisi lingkungan yang kering serta panas. Dalam keadaan seperti ini, lapisan kulit terluar dari tubuh yang tidak hanya pada telapak kaki, menjadi lebih cepat kehilangan kelembaban sehingga menyebabkan kulit menjadi kering (xerosis) dan mengeras. Tumit dan atau telapak kaki, karena mendapatkan tekanan dari berat tubuh ketika beraktivitas, terutama pada daerah tumit, maka kulit yang kering dan mengeras tersebut akan mudah sekali menjadi retak dan pecah. Belum lagi jika sebelumnya pada area tumit sudah terjadi penebalan kulit atau kapalan (callus), keadaan tersebut akan memperburuk kondisi pecah-pecahnya.
Bersyukur ada cara penanggulangan kasus tumit pecah-pecah, yang sudah terbukti manjur dirasakan oleh para jemaah yang mengalaminya. Penanganan termudah dan tercepat untuk mengatasi sebagian besar kasus tumit pecah-pecah adalah sebagai berikut:

  • Rendam kaki dengan air hangat (ingat, air hangat ya bukan air panas) kira-kira selama lebih kurang 5 menit. Kaki yang direndam cukup sebatas bawah mata kaki saja, tak perlu rendam sampai batas lutut ya :)  :)
  • Jika perlu, gunakan sikat yang lembut untuk memudahkan membersihkan kulit kaki/tumit;
  • Keringkan kaki dengan handuk atau kain bersih;
  • Oleskan secukupnya Vaseline Arab pada area kaki/tumit. (Contoh Vaselin Arab seperti pada gambar di bawah ini)
Vaseline Arab, terbukti sangat manjur mengatasi masalah kaki/tumit pecah-pecah.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan langkah-langkah di atas paling tidak 2 kali sehari, dan hentikan penggunaan Vaseline Arab jika keluhan tumit pecah-pecah sudah teratasi.

Umumnya, dalam tiga atau empat kali pemakaian, hasilnya sangat menakjubkan. Tumit yang tadinya pecah-pecah berubah menjadi mulus seketika. Bi-iznillah tentu saja.

Vaseline Arab sangat mudah didapatkan; dijual di banyak toko atau kios-kios di Madinah maupun di Makkah dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk ukuran 60 ml umumnya dijual diharga tidak lebih dari 8 rial /pcs. 

0 Response to "Solusi Masalah Tumit Pecah-Pecah, Jemaah Haji Bisa Gunakan Cara Ampuh Berikut Ini"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.