Custom Search

Laporan Singkat Pertemuan SISRUTE Puskesmas

Pertemuan penguatan kapasitas sistem rujukan puskesmas diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Mei 2019, bertempat di Aula Rumah Makan Mang Kabayan, Jln. Surotokunto No. 203, Rawagabus, Karawang. Dalam pertemuan ini diperkenalkan SISRUTE (Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi). Dari 50 Puskesmas se-Kabupaten Karawang yang diundang, hadir 47 Puskesmas. Tiga Puskesmas tidak hadir, yakni: Puskesmas Anggadita, Puskesmas Tirtamulya, dan Puskesmas Sungaibuntu.

Dua orang Narasumber yang diundang dalam pertemuan ini, hadir seluruhnya, yaitu:
  1. Purnomosidi, SKM, MPH, Bagian Program dan Informasi, Sesditjen Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI
  2. Muhamad Safronul Hafidz, Bagian IT SISRUTE, Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin, Bandung.
Kedua Narasumber menegaskan pentingnya SISRUTE sebagai aplikasi berbasis web yang perlu dilaksanakan oleh seluruh fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) di semua tingkatan pelayanan: primer, sekunder, tersier.
Foto Bersama Peserta Pertemuan SISRUTE Puskesmas  di RM Mang Kabayan, Karawang (02/05/2019)

Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sebagai pengampu SISRUTE fasyankes tingkat tersier. RSUD Karawang disiapkan untuk menjadi pengampu SISRUTE fasyankes tingkat sekunder. Puskesmas (dan ke depannya klinik-klinik swasta) menjadi ujung tombak SISRUTE fasyankes tingkat primer.

Aplikasi SISRUTE terintegrasi dengan banyak aplikasi terkait lainnya. Input data pasien tidak perlu dilakukan satu persatu secara manual karena terintegrasi dengan basis data kependudukan; cukup dengan input NIK (Nomor Induk Kependudukan) maka identitas berikut alamat pasien akan terinput otomatis. Input manual hanya terbatas untuk pasien yang belum memiliki NIK.   Di tingkat fasyankes primer, SISRUTE terintegrasi pula dengan SIKDA GENERIK. Di tingkat fasyankes sekunder dan tersier, SISRUTE terintegrasi dengan RS Online, SIRANAP (Sistem Informasi Rawat Inap). Dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

SISRUTE terintegrasi pula dengan PSC 119 selama institusi PSC memiliki akun aktif SISRUTE. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota disediakan akun tersendiri untuk memantau seluruh lalu lintas rujukan melalui SISRUTE dalam sebuah tampilan Dasboard yang lengkap.

Disepakati dalam pertemuan ini, seluruh puskesmas di Kabupaten Karawang sudah harus memiliki akun SISRUTE yang aktif dalam pekan ini, melalui koordinasi dengan Pengelola SISRUTE RSHS, sesuai dengan arahan yang disampaikan langsung dalam pertemuan.

Materi  yang disampaikan dalam pertemuan ini bisa dilihat dan/atau diunduh (download) melalui tautan ini: Materi Pertemuan SISRUTE.
   
Loading...

0 Response to "Laporan Singkat Pertemuan SISRUTE Puskesmas"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.