Memantau Secara Online Uang Harian Santri Pesantren Husnul Khotimah

Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Kuningan, Jawa Barat, menyediakan cara tersendiri pengelolaan uang harian para santri, melalui rekening Simtitis (Simpanan Titipan Santri). Tiap santri memiliki Simtitis yang dapat dipantau dengan mudah oleh Wali Santri melalui aplikasi BMS (Bank Mini Sekolah). Berikut cara aktivasi BMS, sekaligus cara menyetor dan memantau uang harian santri.

Baca juga: Prof. Dr. Yunasril Ali, MA: Ummat Islam Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga

A. CARA AKTIVASI BMS
Langkah Pertama
Lakukan registrasi melaui Telegram/WA/SMS  ke Admin dengan mencantumkan:
  • Nama Santri
  • Kelas Santri
  • No. Handphone (HP) Wali Santri yang akan digunakan untuk BMS
Gambar 1 berikut ini adalah contoh permohonan registrasi BMS/Simtitis dari Wali Santri kepada Admin BMS. Nomor kontak Admin diinformasikan kepada setiap Wali Santri sejak awal Santri masuk Pesantren Husnul Khotimah.
Gambar 1. Contoh permohonan registrasi BMS/Simtitis melalui Group Telegram BMS Husnul Khotimah

Langkah Kedua
Unduh (download) Aplikasi BMS Mobile. Harap diperhatikan, apabila di Handphone yang akan digunakan masih ada aplikasi BMT yang pernah terinstall sebelumnya, maka aplikasi tersebut harus di uninstall terlebih dahulu. Pastikan pula, Aplikasi BMS Mobile yang akan diinstall adalah seperti ditunjukan pada gambar berikut (dalam kotak merah), bukan yang lain: 
Gambar 2. Aplikasi BMS Mobile di Google Play

Langkah Ketiga
Aktivasi BMS Mobile, dengan cara:
  • Buka Aplikasi BMS Mobile yang baru saja terinstall
  • Isi Kode LKM dengan 0210
  • Isi PIN dengan 123456
  • Klik tombol Aktivasi
  • Isi Password 123456
  • Klik tombol Kirim
Jika proses aktivasi berhasil, SMS balasan akan masuk ke Handphone pengirim, berisi pesan: “Aktivasi Berhasil!”

Jika proses aktivasi tidak berhasil, atau cara aktivasi di atas gagal, hubungi Admin.

Jika sudah berhasil, maka untuk Login cukup mengisikan password/PIN : 123456
(catatan: PIN bisa diganti setelah berhasil login dengan PIN default di atas)
Gambar 3. Tampilan aplikasi BMS setelah berhasil Login

B. CARA SETOR
Pastikan  Nomor Rekening santri sudah diketahui. Ini bisa lihat di bagian informasi tabungan di aplikasi BMS seperti contoh gambar berikut:
Gambar 4. Tampilan Nomor Rekening Santri saat Menu Informasi Simpanan di Aplikasi BMS diklik 

Setoran bisa dilakukan secara manual melalui Teller Bank, atau bisa pula secara non-teller melalui Mobile Banking, SMS Banking, Internet Banking maupun melalui ATM. Layanan setoran  melalui teller maupun non-teller tersedia di sejumlah Bank, dengan catatan Bank tujuan transfer adalah Bank Muamalat.
Penting dicatat, nomor rekening tujuan transfer, baik setoran cash maupun noncash, harus diawali dengan nomor Virtual Account (VA) Santri yaitu: 745902, sehingga untuk rekening contoh di atas harus ditulis lengkap: 7459021201001666.

Jika sudah melakukan setoran, teller atau non-teller, hasilnya bisa langsung dicek di aplikasi BMS/Simtitis, dengan cara mengeklik Menu Mutasi Simpanan, lalu mengeklik lagi Nomor Rekening Santri. Hasilnya seperti tampilan berikut:
Gambar 5. Tampilan Mutasi Simtitis di Aplikasi BMS
Informasi jumlah setoran, biaya administrasi, kapan santri mengambil uang, berapa nominal yang diambil, dan berapa saldo uang harian santri, semua bisa dipantau melalui aplikasi di atas. Berikut video singkat cara mengecek uang harian santri melalui aplikasi BMS.

0 Response to "Memantau Secara Online Uang Harian Santri Pesantren Husnul Khotimah"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.