Bismillah, Puskesmas Curug & Puskesmas Wanakerta Mulai Buka Layanan Hari Ini

Gedung Puskesmas Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. (Sumber Foto: Kepala Puskesmas Curug)
Dengan mengucapkan Bismillah...disiplin protokol kesehatan diterapkan semua karyawan puskesmas; mulai hari ini (Puskesmas Curug) mengemban tugas memberikan pelayanan ke masyarakat, semoga diberikan kemudahan, kelancaran dan kesehatan selalu... Aamiin.

Pernyataan di atas disampaikan oleh Kepala Puskesmas Curug, H. Encum Sukirman, SKM melalui WhatsApp saat saya mengonfirmasi berakhirnya masa karantina mandiri (karman) seluruh karyawan puskesmas yang terletak di wilayah Kecamatan Klari, Karawang itu.

Seperti diberitakan dua pekan lalu, Puskesmas Curug dan Puskesmas Wanakerta serentak ditutup sementara, karena semua karyawan di dua puskesmas tersebut kala itu harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 27 Juli 2020 hingga 9 Agustus 2020, menyusul ditemukannya kasus terkonfirmasi Covid-19 pada tenaga kesehatan di dua puskesmas dimaksud.

Alhamdulillah, terhitung mulai hari ini, Senin 10 Agustus 2020, Puskesmas Curug dan Puskesmas Wanakerta mulai dibuka kembali untuk umum. Berita baiknya lagi, tenaga kesehatan yang sempat diisolasi di rumah sakit sudah pada kembali ke rumah masing-masing setelah hasil pemeriksaan (test) PCR (polymerase chain reaction) menunjukan negatif semua.

Sekedar info sekilas, tes PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Era pandemi Covid-19 saat ini,  tes PCR digunakan untuk mendiagnosis keberadaan material genetik virus Corona yang merupakan penyebab dari penyakit COVID-19.

Dengan dibukanya kembali layanan di Puskesmas Curug maupun Puskesmas Wanakerta, diharapkan masyarakat setempat bisa kembali memanfaatkan layanan tersebut.  Para pengunjung diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama. Ingat, jangan pernah kendor, tetap disiplin pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Selamat bekerja kembali bagi kawan-kawan di Puskesmas Curug dan Puskesmas Wanakerta. Sehat selalu, tetap semangat. Baarakallahu fiikum jamii'an. (La Ode Ahmad)

0 Response to "Bismillah, Puskesmas Curug & Puskesmas Wanakerta Mulai Buka Layanan Hari Ini"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.