Bulan Sabit Merah Saudi Sukses Emban Tugas Kemanusiaan Selama Ramadan 1442 H

Ambulans beserta para petugas Bulan Sabit Merah Saudi yang disiagakan di Posko Masjidil Haram Makkah selama Ramadan 1442 H. (Sumber: Arab News)

Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi atau SRCA (Saudi Red Crescent Authority) menyatakan keberhasilannya dalam mengemban tugas kemanusiaan selama Ramadan 1442 H di kawasan Masjidil Haram dan sekitarnya. Sebuah misi kemanusiaan yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari sepekan, yang ikut didukung partisipasi 500 relawan perempuan dan laki-laki.
 
SRCA mengatakan selama Ramadhan, posko-posko Makkah menerima 9.411 panggilan yang sebagian besar adalah kategori panggilan kasus penyakit. Dari 9.411 panggilan,  5.713 diantaranya kategori penyakit pernafasan, diabetes, pingsan dan epilepsi, sementara panggilan kecelakaan mencapai 3.698 termasuk kecelakaan mobil, jatuh dan luka bakar.

SRCA menerima panggilan melalui nomor bebas pulsa 997 atau melalui aplikasi smartphone "Asefni".

Pada tanggal 8 Mei lalu, SRCA memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Dunia yang mengapresiasi upaya para pekerja kemanusiaan atas "peran mereka yang menginspirasi dalam mendorong roda pembangunan."

Presiden SRCA Dr.  Jalal Al-Owaisi mengatakan bahwa otoritas itu berkeinginan untuk memlerkokoh dan sekaligus menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan serta meningkatkan kesadaran masyarakat.

Sejumlah kalangan menilai, keberhasilan tugas kemanusiaan Bulan Sabit Merah Saudi selama Ramadan kemarin akan mengilhami sisi penguatan layanan kesehatan pada penyelenggaraan haji tahun 1442 H ini, yang notabene akan diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Post a Comment for "Bulan Sabit Merah Saudi Sukses Emban Tugas Kemanusiaan Selama Ramadan 1442 H"