Hari Ini Matahari Akan Melintas Tepat di Atas Ka'bah, Momen Tepat Untuk Koreksi Arah Kiblat Kita

Fenomena Matahari di atas Ka'bah sering disebut Istiwa'ul A'zham, Rasydul Qiblat, atau Great Culmination.

Para astronom dunia mengatakan bahwa posisi matahari akan sejajar tegak lurus di atas Ka'bah di Masjidil Haram pada hari ini, Kamis 27 Mei 2021 pukul 12:18 WAS (Waktu Arab Saudi).

Dengan konversi skala waktu Indonesia, momentum di atas akan bertepatan dengan pukul 16:18 WIB (Waktu Indonesia Barat)

Tepat di jam tersebut di atas, matahari
akan kehilangan bayangannya di Ka'bah untuk waktu yang singkat, kata Majed Abu Zahra, Kepala Masyarakat Astronomi Jeddah, sebagaimana dilansir Arab News.

Abu Zahra mengatakan,  tepat di jam tersebut di atas, masyarakat muslim yang jauh dari Ka'bah dapat menentukan arah kiblat secara tepat dengan cara meletakkan tongkat kayu secara vertikal di tanah;  dan arah kiblat akan berlawanan dengan bayangan tongkat. 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan fenomena di atas sering disebut juga sebagai Istiwa'ul A'zham, Rasydul Qiblat, atau Great Culmination yang  terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Ka'bah, sehingga matahari tepat berada di atas Ka'bah ketika tengah hari. 

LAPAN menyampaikan, di Indonesia puncak fenomena di atas akan terjadi pada pukul 16.17.52 WIB/ 17.17.52 WITA/ 18.17.52 WIT.

Menurut LAPAN, daerah di Indonesia yang tidak dapat mengecek arah kiblat saat fenomena di atas berlangsung antara lain sebagian Maluku (mulai dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram bagian timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Kepulauan Kei), Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar), Kabupaten Kepulauan Aru, Papua Barat, dan Papua.

Seperti ditegaskan pihak LAPAN, fenomena matahari di atas Ka'bah terjadi dua kali dalam setahun, hal serupa juga akan terjadi pada tanggal 15 Juli 2021. 

Post a Comment for "Hari Ini Matahari Akan Melintas Tepat di Atas Ka'bah, Momen Tepat Untuk Koreksi Arah Kiblat Kita"