Alhamdulillah, Saudi Resmi Tetapkan Kuota Haji 2022 dan Syarat Administrasi Jemaah

Jamaah Haji di sekitar Masjid Namirah, Arafah (Sumber: Arab News)

Pihak Otoritas Saudi, sebagaimana dilansir Arab News baru-baru ini (9/4/2022), telah menginformasikan besaran total kuota jamaah haji tahun 2022 yakni sebesar 1 (satu) juta jemaah. Dengan kata lain, seting kapasitas haji tahun 2022 adalah maksimal 50% dari kapasitas normal sebelum masa pandemi Covid-19.

Batasan kuota total sebesar 1 juta jamaah di atas patut disambut dengan rasa syukur yang tak terhingga, karena bercermin dari haji tahun 2021, total jamaah yang diizinkan melaksanakan haji hanya sebesar 58.745 jemaah, dan itupun hanya sebatas warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di wilayah Kerajaan saja kala itu.

Selain mengabarkan total kuota haji tahun 2022, pihak Otoritas Saudi juga menginformasikan batasan administratif jemaah  yang diperbolehkan menunaikan ibadah haji tahun 2022 ini. Batasan administratif dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Jemaah harus berusia di bawah 65 tahun;
  2. Telah menerima vaksinasi  Covid-19 dengan vaksin yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi. Kabar baiknya, vaksin Sinovac sudah masuk dalam daftar vaksin yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi, lebih-lebih jika penerima vaksin Sinovac telah menerima pula suntikan booster secara heterolog (dengan vaksin resmi lainnya di luar sinovac);
  3. Jemaah harus menunjukkan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam dari waktu keberangkatan.

Dari batasan jumlah kuota total haji 2022 sebesar 1 juta jemaah, maka dengan pola distribusi normal, kuota haji Indonesia tahun 2022 ini akan berkisar diangka maksimal 110.000 jemaah, yakni tidak lebih dari 50% kuota normal haji Indonesia sebelum masa pandemi Covid-19.

Meski jemaah yang berusia 65 tahun ke atas tidak diizinkan melaksanakan ibadah haji tahun 2022 ini, tidak perlu berkecil hati, karena peluang berangkat haji pada tahun berikutnya akan terbuka lebar seiring potensi berakhirnya pandemi Covid-19 dan peningkatan kapasitas kuota haji dari pemerintah Saudi.

Trend peningkatan kapasitas kuota haji yang sangat signifikan sudah terbaca dari tahun 2020 sebesar seribu jemaah, meningkat menjadi lebih dari 50 ribu jemaah pada tahun 2021, dan kemudian menjadi 1 juta jemaah pada tahun 2022. Hasbunallah wani'mal wakiil.

Post a Comment for "Alhamdulillah, Saudi Resmi Tetapkan Kuota Haji 2022 dan Syarat Administrasi Jemaah"