Apel Senin Pagi Ini, Kadinkes Karawang Tekankan 3 Hal

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, dr. Endang Suryadi, MARS saat menyampaikan sambutan dalam Apel pagi hari ini, Senin 20 Februari 2023.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Karawang, dr. Endang Suryadi, MARS,  hari ini Senin 20 Februari 2023 memimpin langsung kegiatan Apel pagi di lingkungan Dinas Kesehatan setempat. Di hadapan segenap peserta Apel, beliau menekankan 3 (tiga) hal penting untuk menjadi perhatian seluruh pegawai.

Tampak sebagian peserta Apel, pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang
Pertama, perihal kedisiplinan pegawai, khususnya dalam mengikuti Apel. "Mulai hari ini, setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) wajib melaporkan secara tertulis kegiatan Apel rutin, baik itu Apel rutin tiap hari Senin, maupun Apel atau Upacara rutin setiap tanggal 17 kepada BKPSDM (Badan Kepegawaian dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia) dengan menggunakan format laporan yang telah ditentukan", demikian Kadinkes mengingatkan.

Dijelaskannnya, dalam setiap pelaksanaan Apel, pastikan setiap pegawai mengisi 2 (dua) jenis presensi atau kehadiran, yakni presensi elektronik berupa aplikasi SIAP , dan presensi manual. Presensi ini akan menjadi bagian dari laporan kegiatan Apel, selain foto-foto pegawai yang mengikuti Apel.

"Saya berharap setiap pegawai berupaya untuk selalu bisa mengikuti Apel rutin ini, sebab disamping hal ini berkaitan erat dengan penilaian kedisiplinan, toh dalam sebulan hanya 5 kali saja, yaitu tiap awal pekan (Senin) dan setiap tanggal 17", tandas Kadinkes.

Kedua, Kadinkes sangat mengapresiasi keberhasilan Karawang dalam kegiatan penanggulangan Stunting. Keberhasilan ini, menurut beliau, adalah cerminan kerja tim yang baik antara SKPD terkait berikut unsur-unsur Desa sebagai ujung tombak. 

"Angka Stunting kita di tahun 2022 memang masih dua digit, tetapi penurunan dari angka sebelumnya 20,6% hingga akhir 2022 mencapai angka kejadian 14% ini sangat patut kita syukuri. Semoga tahun 2023 ini bisa diupayakan turun lagi angka kejadiannya menjadi satu digit", harap beliau.

Diingatkannya, berkaitan dengan prestasi dalam penanggulangan Stunting, pekan lalu 5 (lima) Kabupaten/Kota di Jawa Barat menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Kelima kabupaten/kota dimaksud adalah Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kota Cirebon.

Di mata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Karawang memiliki nilai lebih. Sebab, dalam program penurunan stunting, TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Karawang dinilai sangat berhasil dalam menerapkan konsep pentahelix. Selain itu, Karawang juga menjadi percontohan dalam program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Ketiga, Kadinkes menyampaikan pesan khusus berkaitan dengan kegiatan pembangunan puskesmas tahun ini agar bisa disiapkan lebih awal sehingga diharapkan target penyelesaiannya bisa tercapai di bulan Oktober 2023 ini. Beliau menekankan, pelajaran berharga dalam proses kegiatan serupa tahun lalu, harus bisa dijadikan sebagai bahan perbaikan tahun ini dan ke depannya. (dr. La Ode Ahmad)

Post a Comment for "Apel Senin Pagi Ini, Kadinkes Karawang Tekankan 3 Hal"