Indahnya Data Online Ketersediaan Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit


Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, rasa-rasanya agak ketinggalan zaman kalau akses terhadap data atau informasi publik masih mengandalkan proses manual saja. Data atau informasi tentang ketersediaan tempat/ruang rawat inap di Rumah Sakit misalnya, agak repot juga kalau untuk mengetahuinya harus bertanya langsung ke petugas yang ada di rumah sakit, belum lagi kalau antar petugas bisa simpang siur data yang disampaikan. Petugas yang satu menyatakan tidak ada tempat/ruang perawatan yang kosong, sementara petugas yang lain menyatakan masih ada.

Di atas semua itu, kita optimis bahwa semua pihak berlomba-lomba mewujudkan perbaikan pelayanan, termasuk perbaikan dalam hal penyediaan data atau informasi tertentu bagi khalayak. Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, serta beberapa Rumah Sakit besar lainnya di negeri ini sudah memanfaatkan keunggulan-keunggulan teknologi informasi untuk kemudahan-kemudahan pelayanan bagi publik. Satu di antaranya adalah fasilitas akses data online tentang ketersediaan ruang rawat inap di rumah sakit itu.

Beberapa rumah sakit lainnya yang juga menyediakan fasilitas yang sama adalah: RS Fatmawati; RS Kanker Dharmais; RS Jantung Harapan Kita; Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, yang semuanya berlokasi di Jakarta. Indahnya, semua data atau informasi seputar ketersediaan ruang rawat itu disajikan secara realtime, dan dengan sangat mudah publik bisa mengakses semua itu di ujung jari mereka, semudah meng-update status di akun facebook pribadi.

Bagi yang membutuhkan, atau sekedar ingin melihat seperti apa tampilan fasilitas data online ketersediaan ruang rawat inap itu, berikut saya sampaikan link untuk menuju ke fasilitas tersebut:
Jika di tingkat nasional sudah ada contohnya seperti di atas, maka di tingkat lokal atau regional kita lebih optimis lagi bahwa kemudahan-kemudahan seperti itu bisa segera diikuti. Aamiin.

0 Response to "Indahnya Data Online Ketersediaan Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.