Custom Search

Kepala Dinas Kesehatan Karawang: PTM Ancaman Serius JKN Kita

Penyakit Tidak Menular (PTM) bisa menjadi ancaman serius Jaminan Kesehatan Nasional kita, khususnya jika pola hidup sehat tidak menjadi perhatian utama  segenap lapisan masyarakat. Angka kesakitan maupun angka kematian yang berhubungan dengan PTM memperlihatkan trend peningkatan beberapa tahun terakhir ini. Seluruh jenis penyakit katastropik yang menyedot pembiayaan besar dalam JKN,  semuanya termasuk PTM, terutama Hipertensi dan Diabetes Melitus berikut aneka ragam komplikasinya, seperti gagal ginjal dan lain sebagainya. Keberlangsungan JKN kita akan ikut ditentukan oleh seberapa besar komitmen kita semua dalam membangun budaya sehat melalui implementasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dalam kehidupan kita sehari-hari. Demikian pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Karawang, Dr. H. Nurdin Hidayat, dalam acara "Bincang Sehat Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Indonesia Lebih Sehat" yang berlangsung di Hotel Akshaya Karawang, Jumat 05 April 2019.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Dr. H. Nurdin Hidayat (pertama dari kiri) dalam acara Bincang Sehat Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Indonesia Lebih Sehat

Acara yang diliput oleh TVRI Nasional itu dihadiri oleh lebih kurang 250 orang warga Karawang. Kepada segenap hadirin, Kadinkes mengingatkan, GERMAS merupakan suatu gerakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Pelaksanaan GERMAS, lanjut Kadinkes,  harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. GERMAS, jelas Kadinkes, dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

Khusus yang berkaitan dengan perilaku tidak merokok, dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Karawang menegaskan komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang untuk menjadikan lingkungan Kantor Dinas Kesehatan Kota Pangkal Perjuangan ini benar-benar sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) seluruhnya tanpa ada lagi ruang yang disediakan sedikitpun untuk merokok. Bahkan, Kantin Dinas Kesehatan akan ditetapkan  sebagai bagian dari kawasan tanpa barang beracun itu.

Baca juga: Ketika Bintang Iklan Rokok Dunia Berhenti Merokok

Satgas KTR dalam waktu dekat akan dibentuk, dan selanjutnya akan dilantik bersamaan dengan Launching KTR. Satgas KTR inilah kelak yang akan mengawasi pelaksanaan KTR, termasuk yang akan mengingatkan tamu-tamu Dinas Kesehatan agar tidak merokok di lingkungan yang telah ditetapkan sebagai KTR tersebut. "Ini semua demi kesehatan atau kebaikan kita bersama", kata Kadinkes. "Tidak pantas kita bicara GERMAS kepada masyarakat, jika kita-kita di kesehatan secara institusional maupun personal tidak melaksanakan apa yang kita katakan", tegas Kadinkes. Bravo Dinas Kesehatan Karawang. (La Ode Ahmad)     

Baca juga: Prof. Dr. Yunasril Ali, MA: Ummat Islam Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga

0 Response to "Kepala Dinas Kesehatan Karawang: PTM Ancaman Serius JKN Kita"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.