Masya Allah, Indahnya Masjid Agung Syekh Quro Karawang

Tampilan Depan Luar Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat

Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat memiliki tiga keindahan sekaligus, yakni keindahan historis, keindahan arsitektur, dan keindahan spiritual. Kehadiran Tugu Santri di halaman depan masjid yang populer juga dengan nama Masjid Alun-Alun ini, mengabadikan sebagian makna historis salah satu masjid kebanggaan warga Karawang ini.

Sisi keindahan arsitekturnya tampak dari tampilan konstruksi bangunan yang seolah-olah mencerminkan citra kombinatif nuansa-nuansa Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Sementara itu, keindahan spiritualnya terpancar dari semangat dan ruh kegiatan keislaman di dalamnya, termasuk pula kehadiran suara-suara merdu para Imam tetap.

Bacaan Imam dalam Shalat Isya tadi malam (Rabu 29 Januari 2020), bisa dinikmati dalam tautan di bawah ini: (klik tombol play untuk mendengarkan)


Tugu Santri mengandung 5 (lima) unsur replika berikut makna historisnya. Pertama, Replika Al-Quran, menandakan bahwa di Pondok Syekh Quro (yang sekaligus sebagai Masjid kala itu) diajarkan pertama kali Al-Quran. Kedua, replika Kijang, sebagai identitas/senjata kebesaran kerajaan Sunda Padjadjaran yang memiliki andil besar dalam kelanjutan Pondok Syekh Quro pada masa itu. Ketiga, replika Tasbih, sebagai bentang rangeui saketi, salah satu maskawin pernikahan Nyimas Subang Larang dengan Prabu Siliwangi.

Baca juga:
Nuansa Masjid Nabawi di Bumi Telukjambe Karawang

Keempat, replika Kemudi Kapal Laut, menandakan bahwa Karawang pada abad XIV-XV terdapat pelabuhan besar pada masa kejayaan Kerajaan Padjadjaran. Kelima, replika Kemudi Kapal Laut dikelilingi 10 Bintang, menandakan peran aktif Wali Songo dan Syekh Quro sebagai kemudi dalam penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa khususnya, dan di Nusantara umumnya.
Tugu Santri di halaman depan Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Prasasti peresmian Tugu Santri di halaman depan Masjid Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Sudut Kanan Luar Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Tempat Wudhu Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Area Imam dan Mimbar Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Sudut Kiri Depan Dalam Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Sudut Kanan Belakang Dalam Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Serambi Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Jawa Barat.

Post a Comment for "Masya Allah, Indahnya Masjid Agung Syekh Quro Karawang"