Masya Allah, Indahnya Masjid Agung Syech Quro Karawang

Tampilan Depan Luar Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat

Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat memiliki tiga keindahan sekaligus, yakni keindahan historis, keindahan arsitektur, dan keindahan spiritual. Kehadiran Tugu Santri di halaman depan masjid yang populer juga dengan nama Masjid Alun-Alun ini, mengabadikan sebagian makna historis salah satu masjid kebanggaan warga Karawang ini.

Sisi keindahan arsitekturnya tampak dari tampilan konstruksi bangunan yang seolah-olah mencerminkan citra kombinatif nuansa-nuansa Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Sementara itu, keindahan spiritualnya terpancar dari semangat dan ruh kegiatan keislaman di dalamnya, termasuk pula kehadiran suara-suara merdu para Imam tetap.

Bacaan Imam dalam Shalat Isya tadi malam (Rabu 29 Januari 2020), bisa dinikmati dalam tautan di bawah ini: (klik tombol play untuk mendengarkan)


Tugu Santri mengandung 5 (lima) unsur replika berikut makna historisnya. Pertama, Replika Al-Quran, menandakan bahwa di Pondok Syech Quro (yang sekaligus sebagai Masjid kala itu) diajarkan pertama kali Al-Quran. Kedua, replika Kijang, sebagai identitas/senjata kebesaran kerajaan Sunda Padjadjaran yang memiliki andil besar dalam kelanjutan Pondok Syech Quro pada masa itu. Ketiga, replika Tasbih, sebagai bentang rangeui saketi, salah satu maskawin pernikahan Nyimas Subang Larang dengan Prabu Siliwangi.

Baca juga:
Nuansa Masjid Nabawi di Bumi Telukjambe Karawang

Keempat, replika Kemudi Kapal Laut, menandakan bahwa Karawang pada abad XIV-XV terdapat pelabuhan besar pada masa kejayaan Kerajaan Padjadjaran. Kelima, replika Kemudi Kapal Laut dikelilingi 10 Bintang, menandakan peran aktif Wali Songo dan Syech Quro sebagai kemudi dalam penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa khususnya, dan di Nusantara umumnya.
Tugu Santri di halaman depan Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Prasasti peresmian Tugu Santri di halaman depan Masjid Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Sudut Kanan Luar Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Tempat Wudhu Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Area Imam dan Mimbar Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Sudut Kiri Depan Dalam Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Sudut Kanan Belakang Dalam Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

Serambi Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jawa Barat.

0 Response to "Masya Allah, Indahnya Masjid Agung Syech Quro Karawang"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.