Arafah dalam Momentum Haji Super Spesial Tahun Ini


Hari ini adalah hari Arafah, 9 Dzulhijjah 1441 Hijriyah. Ba'da jawal siang ini atau sekitar pukul 12:25 waktu Makkah, atau lebih kurang pukul 16:25 waktu Jakarta, jemaah haji super spesial tahun ini akan melaksanakan Wukuf di Arafah. Yang bertindak sebagai Khotib adalah Sheikh Abdullah Al-Manea, sementara Muadzin Dhuhur dan Ashar adalah Sheikh Emad Baqree. Khutbah wukuf akan disampaikan langsung dari Masjid Namirah, Arafah. Beberapa foto yang ada di bagian bawah artikel ini memperlihatkan Masjid Namirah dan tenda-tenda Arafah yang telah dipersiapkan secara khusus sesuai protokol Covid-19. Foto-foto itu bersumber dari situs Haramain Sharifain (hsharifain) yang diposting beberapa hari lalu.
.
Sebelum era Covid-19, Arafah menampung sekitar 3 juta jemaah haji tiap kali momentum wukuf. Sementara haji di era pandemi Covid-19 saat ini, yang berkumpul di Arafah tidak lebih dari 10 ribu jemaah saja. Jika dihubungkan dengan fakta bahwa kapasitas Masjid Namirah Arafah adalah 350 ribu jemaah, maka itu artinya seluruh jemaah haji tahun 2020 ini bisa masuk semuanya ke dalam Masjid yang dibuka hanya sekali setahun itu, tanpa harus berdesak-desakan alias tanpa harus mengorbankan protokol Covid-19.

Kondisi Arafah yang sebelumnya biasa dipadati 3 juta jemaah, lalu saat ini hanya ada 10 ribu jemaah, bagaimanapun fakta tersebut menghadirkan suasana "kesunyian" tersendiri, dan bolehjadi air mata akan tumpah menghadapi situasi seperti ini. Momentum perenungan untuk mengenali jati diri yang sejati akan merayap lembut dalam relung-relung hati, mengetuk-ngetuk pintu-pintu langit, mengundang keberkahan yang akan memancar ke seluruh penjuru mayapada. Dan, masyarakat dunia yang bisa meyaksikan fakta-fakta ini dengan mata hati, akan merasakan sebuah pengalaman spiritual yang sangat mendalam, dan selanjutnya terpaut kontak batin yang erat, melebur, menyatu dalam munajat yang menggetarkan hati.

Berharap, dalam kesyahduan itu, doa-doa yang dipanjatkan mampu membuka pintu-pintu langit, termasuk doa-doa yang secara istimewa dimunajatkan khusus untuk menyelamatkan dunia dari pandemi Covid-19. Semoga wabah ini segera berakhir, bukan saja karena dampaknya yang sudah terbukti menghantam dan memporak-porandakan seluruh sendi kehidupan, akan tetapi selain itu juga kehadirannya sudah cukup menyentak nalar dan kesadaran kolektif dunia akan kelemahan atau keringkihan segala sistem yang dibangun di atas sandaran hawa nafsu belaka, untuk kemudian beralih pada sistem kehidupan yang kokoh di bawah naungan Petunjuk atau Bimbingan Allah dan Rasul-Nya. Aamiin Yaa Rabbal'alamin. 
.
Protokol Covid-19 di Masjid Namirah, Arafah
Area Imam/Khatib
Area Shalat Perempuan

Tanda Posisi Shaf

Area Imam/Khatib

Area Jemaah

Desinfeksi Area Masjid
Protokol Covid-19 di Kemah Arafah

Kemah di Arafah

Ruang Dalam Kemah

Ruang Dalam Kemah

Ruang Dalam Kemah

Ruang Dalam Kemah

Halte Bus Arafah

0 Response to "Arafah dalam Momentum Haji Super Spesial Tahun Ini"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.