Tangki Oksigen Meledak, 22 Pasien Covid-19 Meninggal Seketika di India

Tangki Oksigen salah satu rumah sakit di India meledak (Sumber: Washington Post/Reuters)

Koresponden Washington Post wilayah Asia Selatan, Joanna Slater melaporkan dari India, setidaknya 22 pasien Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit Dr. Zakir Hussain di wilayah Distrik Nashik, India Barat, menyusul kejadian kebocoran tangki oksigen di rumah sakit itu. Pasien-pasien kritis seketika terengah-engah kekurangan oksigen sebelum akhirtnya mereka meninggal dunia (Rabu, 21/04/2021)

Pejabat dari otoritas kesehatan setempat, Chhagan Bhujbal mengatakan, tangki oksigen di RS Zakir Hussain meledak sekitar pukul 12:30 waktu setempat, disusul keluarnya gumpalan gas putih di dalam dan di luar rumah sakit. Akibat kejadian ini, pasokan oksigen ke ruang-ruang perawatan terputus.

Saksi mata di lokasi kejadian mengatakan kepada wartawan televisi lokal, beberapa pasien meninggal dunia dalam waktu lebih kurang 10 menit setelah pasokan oksigen putus.

Saat kejadian, RS Dr. Zakir Hussain merawat lebih dari 150 pasien covid-19, dan hampir semua pasien membutuhkan bantuan oksigen, termasuk 15 pasien yang menggunakan ventilator.

Komisaris Polisi wilayah Distrik Nashik, Deepak Pandey mengatakan, untuk meminimalkan jumlah korban, beberapa pasien kritis berhasil dipindahkan ke rumah sakit lain.

Kerja keras Tim Teknisi rumah sakit berhasil mengatasi kebocoran pada pukul 13:45 waktu setempat, atau sekitar 75 menit setelah peristiwa ledakan terjadi.

Dilaporkan pula, sejumlah pasien yang selamat dalam insiden di atas tampak dalam keadaan "shock".

Post a Comment for "Tangki Oksigen Meledak, 22 Pasien Covid-19 Meninggal Seketika di India"