Masya Allah, Begini Persiapan Masjidil Haram 10 Hari Terakhir Ramadan

Persiapan ekstra di Masjidil Haram menyambut 10 hari terakhir Ramadan 1442 Hijriah. (Sumber: Arab News)

Sepuluh hari terakhir Ramadan sejatinya merupakan puncak-puncak semangat ikhtiar mengejar keutamaan bulan yang penuh keberkahan ini, lebih-lebih bagi para jamaah yang beruntung diizinkan bisa masuk ke Masjidil Haram.

Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah meningkatkan persiapan sepanjang waktu untuk menyambut jamaah shalat maupun umrah selama 10 hari terakhir Ramadan. Demikian Saudi Press Agency melaporkan, seperti dilansir Arab News (Sabtu, 1/5/2021).

Pembersihan dan sanitasi telah ditingkatkan untuk memastikan keamanan dan perlindungan semua orang. Sejumlah pintu tambahan telah dibuka, pengaturan titik masuk dan keluar,  termasuk penyiapan jalur khusus bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus untuk memudahkan pergerakan jamaah dan mereka yang ingin melakukan umrah.

Di samping itu, ada distribusi air Zamzam yang lebih besar untuk pengunjung di kawasan Mataf, terutama area putih di sekitar Ka'bah, serta halaman Masjidil Haram.

Semua persiapan dilakukan dalam koridor tetap memperkuat langkah-langkah pemenuhan persyaratan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Lebih dari 4.000 pekerja dikerahkan untuk membersihkan dan menyebarkan parfum terbaik di Masjidil Haram, yang dilakukan 10 kali sehari.

Seperti dilansir Arab News, lebih dari 80.000 liter pembersih dan 1.600 liter parfum terbaik digunakan tiap kali  jadwal pembersihan. Tak kurang dari 500 unit dispenser pembersih tangan yang dilengkapi sensor telah didistribusikan.

Sekitar 200.000 botol air Zamzam didistribusikan di Mataf melalui kendaraan khusus.  Air Zamzam juga didistribusikan di sepanjang lorong Masjidil Haram, ruang sholat jenazah, ruang sholat lantai satu untuk orang-orang berkebutuhan khusus, area perluasan Raja Fahd dan Raja Abdullah, pintu masuk dan tangga.

Sementara itu, lebih dari 100 petugas pemandu ditempatkan di pintu Masjidil Haram untuk menerima jamaah, mengarahkan mereka ke tempat yang sesuai, mengatur arus masuk dan keluar, mengantar jamaah ke ruang sholat, dan mendukung petugas keamanan dalam mengatur lalu lintas jamaah.

Air dingin disemprotkan ke pelataran Masjidil Haram melalui 250 kipas angin untuk membantu mendinginkan suhu udara selama jamaah melaksanakan sholat.

Post a Comment for "Masya Allah, Begini Persiapan Masjidil Haram 10 Hari Terakhir Ramadan"