Kementerian Kesehatan Saudi Klarifikasi Info Salah Kaprah Tentang Vaksin Covid-19 Bagi Anak Usia 12-18 Tahun

Otoritas kesehatan Saudi menekankan kepada para orang tua agar mengikutsertakan anak-anak mereka yang berusia 12 tahun keatas untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dalam rangka memberikan perlindungan kepada mereka (Sumber: Saudi Press Agency)

Dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Minggu (04/07/2021), sebagaimana dilansir Arab News Senin hari ini (05/07/2021), Juru Bicara Kementerian Kesehatan Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly memperingatkan perlunya kewaspadaan semua pihak, tak terkecuali anak-anak, terhadap ancaman virus Corona varian Delta.

Dalam kesempatan itu, otoritas kesehatan Saudi menekankan kepada para orang tua agar mengikutsertakan anak-anak mereka yang berusia 12 tahun keatas untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dalam rangka melindungi mereka dari ancaman virus varian baru tersebut.

Jubir Al-Aly mengatakan, penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini efektif dalam melindungi anak-anak dari varian berbahaya itu, dan aman diberikan.

Dalam kesempatan konferensi pers itu pula, Kementerian Kesehatan menerima pertanyaan perihal penggunaan vaksin Covid-19 pada anak. Al-Aly ditanya: “Anak-anak memiliki sistem kekebalan yang kuat, dan tidak ada kasus Covid-19 yang kritis di antara mereka. Mengapa mereka harus divaksinasi?”

Al-Aly menjawab: “Informasi ini salah. Memang, kasus kritis lebih sedikit di kalangan anak-anak dan remaja pada umumnya, termasuk mereka yang berusia 18 tahun ke bawah, bahkan 12 tahun ke bawah. Mereka kurang rentan terhadap komplikasi ekstrim dibandingkan dengan kategori yang lebih tua, tetapi tidak benar sama sekali jika dikatakan bahwa mereka tidak terkena kasus kritis”

Juru bicara Al-Aly mengonfirmasi bahwa varian Delta telah menjangkiti anak-anak di berbagai belahan dunia. “Kasus kritis untuk anak-anak telah dilaporkan di seluruh dunia, dan varian Delta terdaftar dalam kategori pasien yang lebih muda,” katanya.

Post a Comment for "Kementerian Kesehatan Saudi Klarifikasi Info Salah Kaprah Tentang Vaksin Covid-19 Bagi Anak Usia 12-18 Tahun"