Perubahan Jadwal Bimbingan Teknis PPK BLUD Puskesmas


Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) bagi 10 Puskesmas terpilih di Kabupaten Karawang akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari tanggal 20-22 Oktober 2015, di Solo, Jawa Tengah. Kepada 10 puskesmas terpilih agar menyesuaikan dengan jadwal terbaru ini, bukan dengan jadwal lama yang direncanakan pada pekan ketiga bulan Nopember 2015.

Seperti diinformasikan sebelumnya, 10 (dari 50) puskesmas di Kabupaten Karawang yang terpilih untuk menjadi PPK BLUD, sekaligus terpilih untuk mengikuti Bimtek PPK BLUD di atas, adalah sebagai berikut:
  1. Puskesmas Cilamaya
  2. Puskesmas Klari
  3. Puskesmas Rengasdengklok
  4. Puskesmas Pedes
  5. Puskesmas Kutawaluya
  6. Puskesmas Batujaya
  7. Puskesmas Cikampek
  8. Puskesmas Karawang
  9. Puskesmas Lemahabang
  10. Puskesmas Telagasari
Untuk kegiatan Bimtek PPK BLUD ini, tiap puskesmas menghadirkan tiga orang peserta, yakni Kepala Puskesmas, Bendahara, dan 1 orang tenaga yang ditentukan oleh masing-masing Kepala Puskesmas. Satu orang tenaga tersebut kelak harus menjadi bagian dari tim inti PPK BLUD, sehingga dengan demikian penentuan atau penetapannya oleh Kepala Puskesmas harus mempertimbangkan kapabilitas dan sekaligus komitmen yang bersangkutan untuk menyukseskan implementasi PPK BLUD di Puskesmas. Perlu digarisbawahi, bendahara yang diikutsertakan dalam kegiatan Bimtek ini sudah harus menyatakan kesiapannya sejak awal untuk menjadi Bendahara PPK BLUD.

Puskesmas diperbolehkan mengikutsertakan peserta tambahan di luar yang 3 orang tersebut di atas, dengan syarat seluruh komponen pembiayaan bagi peserta tambahan tersebut dilakukan secara mandiri oleh puskesmas bersangkutan. Tentu saja inipun tetap harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, khususnya Seksi Jaminan Kesehatan, agar semua peserta tambahan, jika ada, tetap dapat menjadi satu kesatuan tim.

Harap para Kepala Puskesmas segera memastikan nama-nama yang akan menjadi peserta Bimtek PPK BLUD di Solo ini, dan segera mengirimkan Foto Copy KTP dari masing-masing untuk kepentingan pemesanan tiket pesawat lebih awal. Foto copy KTP dimaksud dikumpulkan ke Seksi Jaminan Kesehatan secepatnya, paling lambat Senin 21 September 2015. Foto copy KTP bisa pula dikumpulkan via email ke alamat: jamkeskarawang@gmail.com dengan CC (Carbon Copy) atau tembusan ke alamat: LaOdeAhmad.dr@gmail.com

Semoga Allah senatiasa membimbing kita agar selalu berada dijalan-Nya, atau selalu berada dalam ridho-Nya. Suskes selalu untuk kita semua. Amiin. Bravo Puskesmas, Bravo Dinas Kesehatan, Bravo Karawang, Bravo Jawa Barat, Bravo Indonesia. (manjadda wa jada, barangsiapa bersungguh-sungguh ia akan dapat)

Catatan Khusus:
Narasumber Utama dalam kegiatan Bimtek PPK BLUD di Solo ini adalah orang yang namanya cukup sederhana, penampilannya juga sangat sederhana, tetapi pengalaman dan reputasinya di bidang BLUD sungguh luar biasa (Lihat Profil Pakar BLUD tersebut).

0 Response to "Perubahan Jadwal Bimbingan Teknis PPK BLUD Puskesmas"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.