Cara Mudah Beli Buku Digital di Google Tanpa Kartu Kredit




Catatan:
Harga Buku sewaktu-waktu berubah, bisa naik, bisa turun. Harga terkini sesuai dengan yang tercantum secara real time dalam Aplikasi Google Play Book.

Belanja Buku Digital di Google, dalam hal ini Google Play Book, adalah salah satu opsi terbaik menikmati pengalaman baru memasuki pasar buku dunia tanpa harus pusing tujuh keliling. Bukan hanya cara mencari dan memilih buku yang dipermudah, tetapi sekaligus juga cara pembayarannya begitu simpel dan praktis. Bagi yang memiliki Kartu Kredit, semua tahapannya sudah ada dalam genggaman. Dan, bagi yang belum atau tidak (mau) memiliki Kartu Kredit seperti saya, jalan kemudahan terbentang begitu luas. Tutorial kali ini saya fokuskan secara khusus untuk panduan setahap demi setahap Cara Mudah (dan Tentu Saja Aman) Belanja Buku Digital di Google Tanpa Kartu Kredit.

Langkah Pertama, tentu saja awali semua dengan Bismillah, dan pastikan perangkat yang digunakan, apakah Komputer Desktop, atau Smartphone, telah terkoneksi dengan baik ke jaringan internet. Salah satu cara memastikannya, buka Aplikasi Play Store yang ada di Smartphone Anda, atau jika menggunakan Komputer, silahkan masuk ke Aplikasi Google Play Book (bisa ditelusuri melalui Google Search). Bagi yang menggunakan Komputer, hasil pencarian Google Play Book akan terlihat seperti Gambar-1 berikut:
Gambar-1. Tampilan hasil pencarian Aplikasi Google Play Book.
Langkah Kedua, silahkan klik tautan atau link menuju ke Google Play Book seperti yang terlihat pada Gambar-1 di atas. Pastikan bahwa yang di klik adalah link yang saya beri tanda lingkaran merah pada Gambar-1 tersebut di atas. Jika langkah kedua ini dilakukan dengan benar, tampilan yang muncul adalah seperti Gambar-2 berikut ini:
Gambar-2. Tampilan Aplikasi Google Play Book.
Langkah Ketiga, saatnya Anda memasukan (atau meng-input-kan) nama penulis atau judul buku yang dicari. Silahkan input atau tuliskan “nama penulis” atau “judul buku” yang dicari tepat di kotak pencarian seperti yang saya tunjukan dalam Gambar-2 di atas (pada bagian yang saya beri tanda lingkaran warna merah). Jika buku yang Anda ingin beli adalah buku yang saya tulis, maka pada kotak pencarian seperti Gambar-2 di atas, silahkan tuliskan nama saya “La Ode Ahmad” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter atau klik tombol pencarian berbentuk kaca lensa di ujung kotak pencarian tersebut. Jika langkah ini dilakukan dengan benar, maka dalam hitungan detik Buku Digital saya akan tampil pada hasil pencarian seperti tampak dalam Gambar-3 berikut:
Gambar-3. Tampilan hasil pencarian Buku Digital La Ode Ahmad.
Jika menggunakan Smartphone, tampilan di atas akan terlihat seperti Gambar-4 berikut ini:
Gambar-4. Tampilan versi Smartphone.
Langkah Keempat, setelah Anda melihat tampilan sampul buku saya berjudul Kekuatan Kata Kekuatan Jiwa (100 Kutipan Pembangun Jiwa) seperti Gambar-3 atau Gambar-4 di atas, maka selanjutnya, arahkan pointer mouse pada sampul buku tersebut, dan langsung klik. Apabila tidak ada yang salah dalam langkah ini, maka tampilan yang muncul adalah seperti Gambar-5 berikut:
Gambar-5. Tampilan saat memilih salah satu buku dari daftar yang ada.
Jika menggunakan Smartphone, tampilan di atas akan terlihat seperti Gambar-6 berikut ini:
Gambar-6. Versi Smartphone Gambar-5.
Langkah Kelima, tibalah Anda pada tahap untuk mengambil keputusan yang insya Allah akan sangat berarti dalam kehidupan Anda. Salah satu ungkapan bijak mengatakan bahwa “seperti apa kita 5 tahun yang akan datang, ikut ditentukan oleh buku seperti apa yang kita baca hari ini”. Saya berharap saat ini Anda mengambil keputusan terbaik untuk membeli buku tersebut dengan melakukan klik pada Tombol Beli seperti pada Gambar-5 atau Gambar-6 di atas. Tombol “Contoh gratis” digunakan untuk membuka dan membaca sejumlah halaman yang ada dalam buku yang dipilih, sebelum akhirnya Anda mengambil keputusan final untuk membeli buku tersebut. Saat Anda memilih atau melakukan klik pada Tombol “Beli Rp. 25.000”, maka tampilan yang akan muncul adalah seperti Gambar-7 di bawah ini:
Gambar-7. Tampilan pilihan metode pembayaran.
Langkah Keenam, inilah tahapan untuk melakukan proses pembayaran. Perhatikan bagian yang saya lingkari pada Gambar-7 di atas. Ada dua opsi pembayaran, yakni melalui Kartu Kredit, dan/atau menukarkan Kode Voucher. Karena tutorial ini khusus untuk pembelian tanpa Kartu Kredit, maka pilihan pembayaran yang harus diambil adalah opsi kedua, dengan cara melakukan klik pada link atau tautan dengan tulisan “Tukarkan” seperti yang terlihat pada Gambar-7 di atas. Ketika langkah tersebut dilakukan dengan benar, akan muncul tampilan seperti Gambar-8 berikut ini:
Gambar-8. Tampilan untuk input kode voucher.
Langkah Ketujuh, sebelum melakukan tindakan apapun pada tahap ini, perhatikan ulang Gambar-8 di atas. Tepat pada posisi di lingkaran hijau, pastikan bahwa alamat email yang tercantum adalah alamat Email Anda, bukan alamat Email orang lain, atau bukan alamat Email asing yang tidak Anda ketahui. Selanjutnya, pada lingkaran merah nomor 1, silahkan inputkan atau masukan kode voucher Anda. Mungkin Anda bertanya, kode voucher yang mana? Baik, kode voucher yang dimaksud pada tahapan ini adalah kode voucher yang bisa dibeli dengan mudah di Indomaret. Jika Anda belum memilikinya, sempatkan ke Indomaret terdekat, katakan kepada petugas yang ada bahwa Anda ingin membeli Voucher Google Play. Nominal yang tersedia ada dua: Rp. 50.000,- dan Rp. 100.000,-. Terserah Anda memilih yang mana, yang jelas karena buku yang akan Anda beli tersebut seharga Rp. 25.000,- maka dengan voucher nominal Rp. 50.000,- sudah cukup, bahkan lebih dari cukup. Sisanya, Anda bisa gunakan lagi untuk membeli buku saya berikutnya (Hehehe…). Katakanlah Anda membeli Voucher Google Play yang bernominal Rp. 50.000,-, maka bukti pembeliannya adalah seperti Gambar-9 di bawah ini:
Gambar-9. Struk belanja Voucher Google Play.
Yang paling penting Anda perhatikan dari Gambar-9 di atas adalah Kode Voucher seperti yang saya tunjukan dalam lingkaran merah itu, yang berupa kombinasi antara Angka dengan Huruf sepanjang 20 digit. Kode itulah yang dimasukan dalam kotak sebagaimana yang terlihat pada Gambar-8 sebelumnya (Lingkaran merah nomor 1 pada Gambar-8). Setelah kode tersebut dimasukan, selanjutnya klik tombol “Tukarkan” seperti yang tampak pada Gambar-8 (lingkaran merah nomor 2).

Langkah Kedelapan, ini adalah langkah terakhir, yakni Anda tinggal memberikan konfirmasi bahwa Anda benar akan membeli buku tersebut. Tuntas semua langkah ini Anda lalui, maka dalam hitungan detik, Buku Digital yang Anda beli akan langsung menjadi koleksi Perpustakaan Digital Anda di Google Play. Buku itu Anda bisa baca dimana saja, kapan saja, baik dalam kondisi terkoneksi internet atau tidak. Jika ingin membacanya dalam kondisi offline alias tidak terkoneksi ke internet, silahkan download buku yang telah Anda beli.

Akhirnya, meskipun saya sudah berusaha semaksimal mungkin menyampaikan tutorial Cara Membeli Buku Digital Tanpa Menggunakan Kartu Kredit, tahap demi tahap, namun jika masih terdapat hal yang kurang jelas, jangan sungkan-sungkan menghubungi saya melalui Nomor Telepon 081280155940 yang sekaligus juga sebagai Nomor WhatsApp saya, atau bisa pula melalui Inbox di Akun Facebook saya berikut ini:
https://www.facebook.com/dr.LaOdeAhmad.

Selamat mengambil keputusan yang berharga untuk kehidupan yang lebih bermakna. Jangan lupa mengucapkan Alhamdulillah atas segala nikmat yang Allah berikan, termasuk nikmat berbelanja Buku Digital “Kekuatan Kata Kekuatan Jiwa” dengan mudah dan aman. Allahu Akbar.

0 Response to "Cara Mudah Beli Buku Digital di Google Tanpa Kartu Kredit"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.