Custom Search

4 Langkah Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji

Sesuai pengalaman selama ini, secara garis besar prosedur pelunasan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji)  mencakup 4 (empat) langkah utama.

Langkah Pertama
Menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, yaitu:
  • Uang pelunasan sebesar selisih antara besaran BPIH yang ditetapkan oleh Pemerintah dengan besaran setoran awal.
      Contoh:
      Jemaah berasal dari wilayah Embarkasi Jakarta (JKS/Bekasi maupun JKG/Pondok Gede) dengan besaran BPIH 2018 sebesar Rp. 34.532.190,- sementara besaran setoran awal adalah Rp. 25.000.000,- maka uang pelunasan adalah sebesar Rp 9.532.190,- yang merupakan selisih dari (Rp. 34.532.190 – Rp. 25.000.000). Besaran BPIH 2019 telah ditetapkan sama dengan BPIH 2018. Besaran BPIH 2018 tiap Embarkasi bisa dilihat di tautan ini: Besaran BPIH 2018 per-Embarkasi di Indonesia.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli dan Foto copy
  • Lembar Asli SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji). Lihat: Contoh Lembar Asli SPPH.
  • Buku Tabungan Haji
  • Lembar Asli Bukti Setoran Awal
  • Lembar Istitho’ah Kesehatan Haji (Lihat: Contoh Lembar Istitho’ah Kesehatan Haji)
  • Pas Foto berwarna ukuran 4x6, 3x4 dan 2x3. Untuk pelunasan di Bank, dibutuhkan Pas Foto berukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing sebanyak 5 lembar. Untuk laporan pelunasan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, dibutuhkan Pas Foto berukuran 4x6, 3x4 dan 2x3 masing-masing sebanyak 3 lembar. Untuk diketahui, Pas Foto yang dibutuhkan bisa menggunakan Pas Foto saat mendaftar haji, atau Pas Foto baru, dengan syarat: berlatarbelakang warna putih dan tampak wajah 80% (perempuan berjilbab, laki-laki berpeci atau tidak berpeci)
Arafah Pra-Wukuf. Sebagian Jemaah Haji Mandiri 2018, Kloter 21 JKS, Karawang, Jawa Barat
Langkah Kedua
Datang ke BPS (Bank Penerima Setoran) BPIH sesuai tempat setoran awal. Jika setoran awal BPIH dilakukan di Bank Muamalat misalnya, maka setoran pelunasan harus dilakukan di Bank Muamalat pula. Tahun 2019 ini, pembayaran pelunasan bahkan bisa dilakukan secara non-teller, sehingga tidak harus datang ke BPS, tapi cukup dengan transaksi melalui Mobile Banking, Internet Banking dan/atau ATM. Informasi tentang pelunasan BPIH secara non-teller bisa dilihat dalam tautan ini: Pelunasan BPIH Makin Mudah dengan Transaksi Non-Teller.

Baca juga: Daftar Nama Bank yang Resmi Sebagai BPS BPIH

Langkah Ketiga
Setelah melakukan setoran pelunasan, pastikan dari Petugas Bank menerima Lembar Bukti Setoran Lunas BPIH yang dicetak dari Aplikasi Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu). Selain menerima Lembar Bukti Setoran Lunas BPIH, setiap jemaah yang telah melunasi BPIH, juga akan mendapat Satu Paket Buku Manasik Haji dan Umrah, Seragam Batik, Kain Ihram (bagi jemaah laki-laki) dan Mukenah (bagi jemaah perempuan)

Langkah Keempat.
Segera melapor ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat dengan membawa:
  • Lembar Bukti Setoran Lunas BPIH yang diterima dari Bank
  • Pas Foto sesuai ukuran dan jumlah sebagaimana disampaikan di atas
loading...
Sampai di sini, selesai sudah 4 langkah pelunasan BPIH. Penting juga menjadi perhatian, pastikan setiap jemaah sudah memiliki Paspor yang masih berlaku. Jika belum, segera mengurus di Kantor Imigrasi setempat setelah terlebih dahulu berkoordinasi dengan Petugas pelayanan haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat. Pastikan juga, Paspor yang sudah dimiliki sudah diserahkan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat untuk diproses penerbitan Visanya.

Demikian 4 (empat) Langkah Utama Pelunasan BPIH, semoga Allah senantiasa menganugerahkan segala kemudahan kepada seluruh jemaah dalam melakukan pelunasan BPIH, serta menganugerahkan pula kemudahan, kelancaran, atau keberkahan dalam seluruh rangkaian kegiatan memenuhi panggilan-Nya. Aamiin. Labbaika Allahumma Labbaik. Labbaika Laa Syariikalaka Labbaik.

Tulisan di atas dirangkum dari situs Bekal Haji dan Umrah dengan judul : Inilah 6 Langkah Utama Pelunasan BPIH 2018
Loading...

0 Response to "4 Langkah Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.