Menu Haji Indonesia 2019 Gunakan Pola 2-3-4-5, Tahun Depan Sebaiknya "Isi Piringku"

Kementerian Agama RI melalui Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengungkapkan, menu makanan jemaah haji Indonesia tahun 2019 ini akan menerapkan pola 2-3-4-5. Pola ini menurut Sri Ilham dielaborasi berdasarkan masukan jemaah pada survei indeks kepuasan haji yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 lalu.
Yang dimaksud dengan pola 2-3-4-5 adalah frekwensi lauk yang diterima setiap jemaah haji pada tiap pekan, yaitu 2 kali lauk telur, 3 kali lauk daging, 4 kali lauk ayam, dan 5 kali lauk ikan. Pola 2-3-4-5 ini menurut Sri Ilham, disesuaikan dengan banyaknya jemaah haji Indonesia yang telah tergolong lansia yang memilih mengurangi lauk daging. "Saat survei tahun lalu, jemaah minta agar kita memperbanyak menu ikan dan mengurangi menu daging,” kata Sri Ilham.

Tahun Depan Sebaiknya "Isi Piringku"

Menu dengan pola seperti di atas sah-sah saja, apalagi itu hanya menyangkut frekwensi jenis lauk yang diberikan kepada setiap jemaah haji. Untuk perbaikan ke depan, seyogyanya menu atau konsumsi jemaah haji kita menganut prinsip kearifan ilmiah yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dikemas dalam semboyan "Isi Piringku"

"Isi Piringku" merupakan semboyan baru dalam pemenuhan gizi seimbang yang menggambarkan porsi makan yang disediakan dalam satu piring dengan komposisi 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari sepertiga bagian berupa lauk dan dua pertiganya berupa makanan pokok yaitu sumber karbohidrat, sebagaimana terlihat dalam gambar atau ilustrasi berikut:

Gambar/ilustrasi "Isi Piringku"

Baca juga: Habis "4 Sehat 5 Sempurna", Terbitlah "Isi Piringku"

Penerapan semboyan "Isi Piringku" pada menu jemaah haji kita adalah bagian dari ikhtiar terbaik dalam membangun kesehatan jemaah yang lebih baik lagi. Karena itu, kontrak penyediaan katering jemaah haji tahun depan sebaiknya sudah menyepakati substansi semboyan "Isi Piringku". Bagaimanapun ini adalah cara kita meningkatkan kwalitas pelayanan kepada para tamu-tamu Allah.

0 Response to "Menu Haji Indonesia 2019 Gunakan Pola 2-3-4-5, Tahun Depan Sebaiknya "Isi Piringku""

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.