Giat Swab Massal Karawang Hari Ini Jangkau 414 Peserta

Tim Swab Massal Pangkalan, Senin 22 Juni 2020

Pelaksanaan swab massal Kabupaten Karawang hari ini, Senin 22 Juni 2020, menjangkau peserta sebanyak 414 orang, dari 3 (tiga) lokasi, yaitu: Telukjambe Barat sebanyak 158 orang; Pangkalan sebanyak 131 orang; dan Tegalwaru sebanyak 125 orang.

Untuk wilayah Telukjambe Barat, titik lokasi pelaksanaan swab massal dipusatkan di Pasar Kaligandu/Pintu Gerbang Sentosa  Memorial Park, yang merupakan bagian dari wilayah kerja Puskesmas Wanakerta. Swab massal di Pangkalan dilaksanakan di Lapangan depan Kantor Camat Pangkalan, wilayah kerja Puskesmas Pangkalan. Sementara swab massal di Tegalwaru dipusatkan di Pasar Loji, wilayah kerja Puskesmas Loji.

Sampel swab sebanyak 414 pcs telah diserahterimakan hari ini juga kepada petugas Laboratorium Rumah Sakit Khusus Paru (RSKP) Karawang untuk diproses lebih lanjut hingga keluar hasilnya, apakah positif atau negatif. Harapan semua pihak, seluruh sampel swab di atas negatif alias tidak ada seorangpun yang terkonfirmasi Covid-19.

Untuk menjadi perhatian publik, bahwa hasil swab, positif dan/atau negatif, akan disampaikan secara resmi oleh pihak RSKP Karawang kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. Selanjutnya Dinas Kesehatan meneruskan ke puskesmas sesuai domisili klien/peserta Swab, dan kemudian puskesmas menyampaikan kepada setiap klien atau peserta swab. Dengan kata lain, dalam alur informasi hasil swab massal, tidak diperbolehkan setiap orang/klien meminta sendiri hasil swab ke RSKP Karawang. Klien atau peserta swab hanya diperbolehkan meminta informasi hasil swab melalui puskesmas wilayah kerja, dan itupun akan disampaikan setelah puskesmas menerima tembusan dari Dinas Kesehatan.

Swab massal adalah salah satu layanan unggulan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang yang dalam pelaksanaannya melibatkan banyak unsur terkait. Selain Dinas Kesehatan berikut Puskesmas, swab masaal didukung sepenuhnya pula oleh unsur-unsur dari BPBD, Camat dan Kepala Desa, Polsek, Koramil, Satpol PP, dan unsur-unsur pendukung lainnya.

Dengan ungkapan lain,  swab massal adalah sebuah wujud koordinasi, kolaborasi dan sinergitas lintas sektor dalam rangka mempercepat penanggulangan penyakit yang telah merubah ritme kehidupan seluruh ummat manusia di dunia ini. Covid-19 semoga segera berlalu. Aamiin Yaa Rabbal'alamin.


 

0 Response to "Giat Swab Massal Karawang Hari Ini Jangkau 414 Peserta"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.