Ada Lampu Hijau, Saudi Akan Lakukan Vaksinasi Covid-19 Pada Ibu Hamil

Vaksinasi Covid-19 di Saudi Arabia sangat gencar dilakukan (Sumber: Saudi Press Agency)

Kementerian Kesehatan Arab Saudi memberikan lampu hijau kepada ibu hamil (bumil) untuk menerima vaksinasi setelah penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi bumil aman untuk ibu dan bayi. Bahkan, janin dapat ikut memiliki antibodi yang terbentuk dari bumil yang divaksinasi.

Memang, laporan-laporan awal tentang keamanan vaksin Covid-19 pada bumil menyatakan belum ada "sinyal keamanan dan/atau ketidakamanan yang jelas", karena belum ada riset yang dilakukan pada awalnya.

Dalam konferensi pers kementerian kesehatan Arab Saudi baru-baru ini (Ahad 25 April 2021),  juru bicara kementerian, Dr.  Mohammed Al-Abd Al-Aly menekankan bahwa keselamatan ibu dan bayi menjadi prioritas utama, dan komite ilmiah merekomendasikan agar vaksin tersedia untuk wanita hamil di semua tahap kehamilan mereka.

"Kami menganggap ini sebagai kesempatan tambahan untuk memerangi pandemi ini dan langkah lain dalam memastikan keamanan anggota masyarakat", kata Al-Aly meyakinkan.

Seperti biasa, registrasi vaksinasi, tak terkecuali bagi bumil dapat dilakukan melalui aplikasi Sehhaty dari kementerian kesehatan Arab Saudi.

Post a Comment for "Ada Lampu Hijau, Saudi Akan Lakukan Vaksinasi Covid-19 Pada Ibu Hamil"