Canggih, Cara Kerja Pramusaji Robot di Restoran Saudi

Pramusaji Robot di Restoran Arab Saudi (Sumber: Arab News)

Salah satu restoran di pusat kota Jazan Arab Saudi mencoba menyuguhkan pengalaman baru bagi para pelanggan berupa kehadiran pramusaji dari "generasi" robot. 

Pramusaji robot ini dilengkapi kecerdasan astifisial yang super canggih. Awalnya, terobosan ini diambil sebagai bagian dari langkah preventif untuk meminimalkan kontak antar manusia selama pandemi Covid-19. Namun, dalam prakteknya ternyata berhasil menyedot perhatian pengunjung.

Adalah seorang insinyur muda Saudi bernama Reham Omar yang merancang sistem ini. Interior restoran dilengkapi dengan sensor yang ditempatkan di sejumlah titik strategis yang memungkinkan robot bisa bergerak membawa makanan ke pelanggan.

Dengan sensor, robot dapat "merasakan" apa pun yang ada di dekat mereka, memungkinkan mereka berhenti sejenak atau mengubah rute yang sesuai.

Setiap robot memiliki peta interior restoran dan lokasi setiap meja yang diprogram ke dalam memori mereka. Saat robot mencapai meja yang ditargetkan, pelanggan dapat mengambil makanan mereka dan memerintahkan robot untuk pergi.

“Budaya sedang berubah, dan orang-orang sekarang sangat mendambakan  teknologi baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka”, kata Reham Omar kepada awak media Arab News.

Post a Comment for "Canggih, Cara Kerja Pramusaji Robot di Restoran Saudi"