Waspadai Obat yang Membahayakan Kesehatan, Begini Tips Jadi Konsumen Cerdas


Isu mengenai penyakit gagal ginjal akut atipikal yang konon diduga disebakan oleh cemaran etilen glikol atau dietilen glikol pada obat-obat sediaan sirup tertentu terus bergulir. Sampai artikel ini saya tulis dan saya publikasikan (25 Oktober 2022 jam 12:08 WIB), Badan Pengawas Obat dan Makanan (selanjutnya disebut Badan POM), telah mengumumkan informasi kelima mengenai hasil pengawasan terhadap sejumlah obat sediaan sirup yang beredar di Indonesia. Penjelasan lengkap mengenai hasil pengawasan dimaksud bisa dibaca di tautan ini: Penjelasan BPOM RI Tentang Informasi Kelima Hasil Pengawasan BPOM Terkait Sirup Obat yang Tidak Menggunakan Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, dan/atau Gliserin/Gliserol.
Menyikapi persoalan yang bisa timbul dari penggunaan obat, khususnya penggunaan obat yang tidak sesuai indikasi, atau menyimpang dari aturan pakai yang semestinya, Badan POM meminta kepada seluruh masyarakat agar menjadi konsumen cerdas, dengan memperhatikan dan menerapkan tips-tips penting sebagai berikut:
  • Membeli dan memperoleh obat melalui sarana resmi, yaitu di apotek/toko obat berizin, puskesmas atau rumah sakit terdekat.
  • Membeli obat secara online hanya dilakukan di apotek yang telah memiliki izin PSEF (Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi). Informasi mengenai apotek yang memiliki izin PSEF bisa diakses melalui tautan ini: Penyelenggaran Sistem Elektronik Farmasi.
  • Menerapkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau menggunakan obat. Izin edar obat bisa dicek melalui link ini: Cek Produk Badan POM.
Melalui Cek KLIK, pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, membaca informasi produk yang tertera pada label, produk telah memiliki izin edar Badan POM, dan belum melebihi masa kedaluwarsa. 

Sedemikian pentingnya Cek KLIK ini bagi setiap konsumen obat, sampai-sampai Badan POM mengabadikannya dalam bentuk banner di segmen awal website resminya, dengan tampilan banner seperti di bawah ini.


Semoga tips di atas bermanfaat, khususnya dalam upaya bersama mencegah dampak negatif yang bisa timbul akibat penggunaan obat yang menyalahi aturan pakai yang telah ditentukan.

Post a Comment for "Waspadai Obat yang Membahayakan Kesehatan, Begini Tips Jadi Konsumen Cerdas"