Custom Search

Kendala Administratif, BIJB Batal Jadi Tempat Pemberangkatan Jemaah Haji Jawa Barat Tahun Ini


Rencana pemberangkatan Jemaah Calon Haji Jawa Barat dari BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat), Kertajati, di Kabupaten Majalengka, tahun ini kembali batal.

Meski Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kanwil Kementerian Agama Jabar sudah berusaha keras agar BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, bisa memberangkatan jemaah haji musim haji tahun 2019/1440 Hijriah ini, namun kenyataan belum seperti yang diharapkan. BIJB belum bisa dipergunakan untuk penerbangan haji, karena itu pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Jawa Barat tahun 2019 ini tetap melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.
Batalnya penerbangan haji dari Bandara Kertajati tahun ini, menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bukan karena masalah infrastruktur bandara, tapi murni karena masalah administrasi. Kalau tahun lalu (2018), memang batalnya karena persoalan infrastruktur, khususnya landasan pacu bandara yang masih kurang sekitar 500 meter dibanding standar minimal panjang landasan pacu untuk pesawat-pesawat berbadan lebar.

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengetahui kepastian informasi di atas dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (KaKanwil Kemenag) Propinsi Jawa Barat.

Loading...
"Ternyata untuk menjadikan bandara pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji tak semudah yang dibayangkan. Banyak instansi di Indonesia maupun di Arab Saudi yang terlibat", kata KaKanwil Kemenag Jabar, H.A. Buchori.
Untuk membuka slot penerbangan dari BIJB ke Arab Saudi, menurut Kakanwil Kemenag Jabar, tidaklah mudah, karena harus melibatkan berbagai instansi di Indonesia, baik Kementerian Perhubungan, AirNav, dan lain-lain. Belum lagi instansi di Arab Saudi, termasuk pihak penerbangan Arab Saudi yang akan melayani jemaah haji asal Jabar.

Meski tahun ini batal lagi, Buchori optimistis pemberangkatan jemaah haji melalui BIJB Kertajati bisa dilakukan tahun depan, dengan syarat masalah administratif penerbangan, baik dengan lintas instansi di Indonesia maupun Arab Saudi diurus atau diselesaikan mulai dari sekarang.

0 Response to "Kendala Administratif, BIJB Batal Jadi Tempat Pemberangkatan Jemaah Haji Jawa Barat Tahun Ini"

Post a Comment

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.